4 Manfaat Olahraga Futsal yang Jarang Diketahui, Apa Saja?

Jenis olahraga yang disukai banyak kalangan

Futsal merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari banyak kalangan di Indonesia, mulai anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Itu karena olahraga ini terbilang sederhana untuk dilakukan serta menantang adrenalin. Terlebih, futsal masih satu genre dengan sepak bola yang notabene jadi bidang olahraga tersohor di Tanah Air.

Futsal sendiri adalah jenis olahraga bola sepak dalam ruangan (indoor) yang diisi 5 versus 5 pemain dalam satu pertandingan. Olahraga ini pertama kali populer di Amerika Serikat. Pada awal 1930-an, futsal pun menjamur ke seluruh dunia.

Di lain sisi, futsal banyak memberikan dampak positif bagi siapa saja yang melakukannya. Bahkan, dampak positif yang dihasilkan dari olahraga futsal tidak hanya kesehatan tubuh tapi juga kesehatan jiwa, lho. Inilah empat manfaat olahraga futsal yang masih jarang diketahui.

1. Futsal memberi banyak dampak positif terhadap kesehatan jasmani

4 Manfaat Olahraga Futsal yang Jarang Diketahui, Apa Saja?Potret olahraga futsal. (pixabay.com/apnew0)

Futsal memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jasmani. Selain membuat tubuh makin bugar, olahraga ini juga menjadi senjata ampuh untuk mencegah dari berbagai penyakit. Dikatakan demikian karena futsal akan membuat metabolisme tubuh menjadi meningkat sehingga daya tahan tubuh ikut meningkat pula.

Ada banyak keuntungan yang didapat dari futsal untuk kesehatan fisik. Di antaranya meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, membakar kalori sehingga mengurangi kadar lemak dalam tubuh, mencegah risiko dari berbagai macam penyakit, membentuk dan menjaga kekuatan otot, menambah kepadatan tulang, serta meningkatkan keterampilan motorik tubuh. Semua keuntungan itu tentu diperoleh jika kita melakukannya dengan konsisten serta didukung dengan perilaku penunjang kesehatan tubuh lain, seperti menjaga pola makan dan pikir, tidak begadang berlebihan, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kebersihan Sepatu Futsal yang Benar, Bikin Awet!

2. Meningkatkan kesehatan mental

4 Manfaat Olahraga Futsal yang Jarang Diketahui, Apa Saja?Potret olahraga futsal. (pixabay.com/apnew0)

Tidak hanya kesehatan jasmani, futsal rupanya memberikan dampak positif untuk kesehatan rohani jika dilakukan dengan tepat. Olahraga tersebut bisa menghindarkan seseorang dari stres yang berpotensi merusak tubuh. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi siapa saja untuk menyeimbangkan kehidupan dari berbagai problematika hidup yang selalu ada.

Sederhananya, futsal bisa menjadi salah satu opsi sebagai objek pengalihan seseorang dari suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan. Itu merupakan keputusan yang tepat karena pelarian tersebut malah membuat badan sehat. Sebab, jika suatu persoalan dialihkan ke hal-hal negatif, itu justru bikin seseorang berpotensi makin terpuruk.

Di lain sisi, bila futsal dilakoni dengan tekun, maka ini berpotensi membuat kita memiliki keahlian yang besar dibanding orang pada umumnya. Tanpa kita sadar, hal itu dapat meningkatkan kesehatan mental pada diri sendiri. Mengapa demikian? Ini karena keahlian dalam futsal bisa meningkatkan rasa percaya diri bagi siapa saja yang memilikinya.

3. Dapat melatih untuk membentuk karakter positif seseorang

4 Manfaat Olahraga Futsal yang Jarang Diketahui, Apa Saja?Potret olahraga futsal. (pixabay.com/apnew0)

Tidak hanya soal kesehatan, futsal pun memberikan keuntungan terhadap perkembangan karakter seseorang. Ini akan melatih siapa saja untuk membangun karakter positif dalam diri masing-masing. Maka dari itu, tidak heran bila banyak orang tua yang mengizinkan anak-anaknya untuk bermain futsal dengan temannya. Bahkan, tidak sedikit pula yang menyekolahkan buah hatinya di tim akademi futsal sejak dini.

Sejauh ini, ada banyak dampak positif yang diperoleh dari futsal untuk perkembangan karakter seseorang. Olahraga ini dapat membangun karakter tanggung jawab, kreatif, cekatan, kedisiplinan, hingga melatih kerja sama dalam tim. Seluruh karakter itu tentu berguna bila diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarga, teman, maupun rekan kerja.

Di samping itu, futsal juga memberi dampak positif bagi remaja yang notabene tengah berada dalam fase mencari jati diri. Itu disebabkan olahraga ini dapat mengalihkan keinginan mereka dari perbuatan-perbuatan negatif yang tidak jarang terjadi. Salah satunya, futsal bisa mengalihkan pikiran remaja dari perilaku tawuran.

4. Futsal dapat mengembangkan skill dalam sepak bola

4 Manfaat Olahraga Futsal yang Jarang Diketahui, Apa Saja?Potret olahraga futsal. (pexels.com/Jean-Daniel Francoeur)

Futsal diketahui amat berhubungan dengan olahraga sepak bola. Meski didapati banyak perbedaan aturan permainan, tetapi kedua jenis olahraga ini tetap memiliki banyak kemiripan. Ini karena futsal dan sepak bola sama-sama menggunakan kaki, bola, dan gawang sebagai objek utama permainan.

Futsal pun bisa dijadikan sebagai objek untuk mengembangkan keahlian dalam sepak bola. Dilansir Soccer De Brazil, futsal bahkan menjadi olahraga terfavorit bagi orang-orang di Brasil. Fakta ini mematahkan asumsi jika negara dengan julukan Negeri Samba itu kerap melahirkan atlet sepak bola top dunia dari bakat bermain sepak bola pantai, melainkan dari futsal.

Di satu sisi, seorang penulis, Simon Clifford menuangkan pemikirannya dalam Buku 'The Talent Code'. Futsal dikatakan dapat menempatkan keterampilan penting sepak bola ke dalam sebuah kotak kecil. Itu membuat pemain berada dalam zona latihan yang lebih mendalam, membuat dan memperbaiki kesalahan terus-menerus serta dapat menghasilkan solusi yang tepat. Pemain yang menyentuh bola 600 persen lebih sering mendapat pembelajaran lebih cepat dibandingkan dengan permainan di lapangan terbuka.

Inilah macam-macam keuntungan futsal yang dapat mengembangkan keahlian dalam sepak bola:

  1. Meningkatkan keterampilan pemosisian pemain karena dituntut untuk selalu bergerak;
  2. Membangun kemampuan dalam pengambilan keputusan dengan cepat;
  3. Melatih ketangkasan gerak kaki;
  4. Mengembangkan kepercayaan diri karena sering bertarung 1 vs 1 dari lawan;
  5. Menuntut pemain untuk lebih kreatif di atas lapangan yang berguna memperkaya visi permainan;
  6. Melatih tendangan passing yang akurat dan cepat;
  7. Melatih responsif kiper karena lebih banyak menerima tendangan ke gawang;
  8. Meningkatkan akurasi kekuatan karena bola futsal sedikit lebih berat dibanding sepak bola.

Kesimpulannya, olahraga futsal memang memberikan banyak manfaat kepada siapa saja yang gemar melakukannya. Namun, semua itu juga perlu dipersiapkan untuk menghindari faktor risikonya, seperti memakai sepatu khusus futsal, melakukan pemanasan untuk seluruh tubuh, serta tidak memaksakan jika fisik tidak memadai. Apakah kamu termasuk dalam golongan penggiat futsal, nih?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sepatu Futsal Nike Terbaik, Keren dan Nyaman!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya