FIFA dan PSSI Beri Catatan GBT dan G10N untuk AFF U-19

Mulai rumput hingga penerangan

Surabaya, IDN Times - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) serta Federasi Sepak Bola Asia (AFF) mulai melakukan pengecekan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) dan Gelora 10 Nopember (G10N) Surabaya yang bakal menjadi venue gelaran Piala Asia atau AFF U-19. Piala AFF U-19 bakal digelar pada 17-29 Juli 2024.  

Tournament Director PSSI Ronny J. Suhatril mengatakan mengatakan, dalam gelaran AFF U-19 2024 ini,  Stadion GBT sebagai main venue-nya, sedangkan Stadion G10N Tambaksari menjadi venue kedua. Pertandingan Piala AFF U-19 kali ini akan diikuti oleh 12 tim sepak bola dari negara ASEAN. 

"Ini pertama kalinya diikuti penuh oleh negara-negara di ASEAN. Biasanya hanya 11, nah pada sesi ini semuanya ikut, termasuk Australia. Jadi nanti terbagi menjadi tiga grup, satu grup terdiri dari empat tim, yakni Grup A, Grup B, dan Grup C. Pertandingannya akan berlangsung setiap hari," paparnya.

1. AFF dan PSSI ingin pastikan GBT dan G10N siap untuk AFF

FIFA dan PSSI Beri Catatan GBT dan G10N untuk AFF U-19Kasim Botan dan Wildan Ramdhani saat melakukan Official Training di Stadion Gelora Bung Tomo sebagai persiapan akhir sebelum menghadapi Madura United. (Persebaya)

Rony menuturkan, inspeksi bertujuan untuk memastikan kesiapan venue yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala AFF U-19. Inspeksi yang dilakukan oleh PSSI dan AFF kali ini ada dua tempat, diantaranya Stadion GBT dan G10N.

“Jadi kita sudah melakukan inspeksi untuk persiapan Piala AFF U-19 dan U-16, jadi kita ada dua kompetisi yang dijalankan di Indonesia. Untuk pertandingan U-16 diselenggarakan di Surakarta, pada bulan Juni, dan U-19 yang dahulunya diselenggarakan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo (GDS), sekarang kita pindah ke Stadion GBT,” ujarnya. 

Baca Juga: Surabaya Jadi Venue Piala AFF, Siapkan GBT dan G10N

2. Catatan yang harus diperbaiki Pemkot

FIFA dan PSSI Beri Catatan GBT dan G10N untuk AFF U-19Punggawa Bajol Ijo melakukan Official Training di Stadion Gelora Bung Tomo sebagai persiapan akhir sebelum menghadapi PSS Sleman. (Persebaya).

Setidaknya ada beberapa catatan penting untuk segera ditindaklanjuti oleh jajaran Pemkot Surabaya, sebelum pelaksanaan Piala AFF U-19 berlangsung. Catatan itu diantaranya soal lampu, rumput, rekayasa lalu lintas, transportasi, parkir penonton, lapangan stadion, pintu gerbang stadion, dan sebagainya.

Khusus untuk perbaikan lampu di Stadion G10N, ia berharap kepada Pemkot Surabaya, agar alat penerangan di Stadion G10N ditambah sesuai dengan standar yang ditentukan oleh FIFA dan AFF. 

Standar pertandingan Piala AFF U-19 nanti, tidak akan berbeda jauh dengan standar yang ditentukan oleh FIFA pada saat Piala Dunia U-17 2023. Sementerw venue Stadion GBT saat ini tidak terlalu banyak catatan, karena kondisinya sudah sesuai dengan standar internasional. 

“Nanti kita akan melakukan treatment, tinggal copy paste sama seperti yang terdahulu, hanya saja nanti menyesuaikan jadwal pertandingan saja, karena ada pertandingan yang digelar sore, dan malam. Sedangkan nanti yang di Tambaksari, mungkin ada sedikit pengaturan contraflow lalu lintasnya,” ujarnya. 

Sementara soal akses internet, treatment koneksi masih sama standarnya dengan pertandingan Piala Dunia U-17, yang sebelumnya digelar di Stadion GBT.  

3. Pemkot sudah lakukan perbaikan

FIFA dan PSSI Beri Catatan GBT dan G10N untuk AFF U-19Salah satu momen pertandingan pekan ke-9 BRI Liga 1 2023/24 antara Persebaya Surabaya versus PSM Makassar yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, 18 Agustus 2023. (Dok. Ofisial Persebaya Surabaya)

Di samping itu, Kabid Olahraga Disbudporapar Kota Surabaya, Eringgo Perkasa menyampaikan, bahwa sejauh ini pemkot telah melakukan berbagai upaya untuk mempersiapkan venue Piala AFF U-19, baik di Stadion GBT, maupun G10N.

“Perbaikan itu terus kita lakukan bersama Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Surabaya dan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman serta Pertanahan (DPRKPP) Kota Surabaya,” kata Eringgo.

Eringgo memastikan, perbaikan-perbaikan minor di Stadion GBT dan G10N akan tuntas sebelum tanggal 17 Juli 2024. Pembenahan minor tersebut tidak hanya dilakukan di Stadion GBT dan G10N saja, akan tetapi juga dilakukan di lapangan latihan A, B, C, di area Stadion GBT dan lapangan Thor di Gelora Pancasila. 

"Yang ada di Tambaksari ini kami juga berbenah, dan juga di sisi belakangnya ada asrama Karanggayam, karena itu nanti juga akan digunakan sebagai tempat pendidikan Persebaya," pungkasnya. 

Baca Juga: Persebaya Bungkam PSS di Stadion GBT

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya