Comscore Tracker

Rektor Unesa Jadi Ketum Pickleball, Olahraga Baru di Indonesia

Indonesia memiliki kesempatan bagus untuk berprestasi

Surabaya, IDN Times - Rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes terpilih menjadi Ketua Umum pertama Persatuan Pickleball Indonesia (PPI). Pickleball merupakan cabang olahraga yang baru masuk di Indonesia tahun lalu dan belum banyak dikenal di Asia. Indonesia merupakan negara kelima di dunia yang mengenal pickleball sehingga peluang meraih prestasi di cabor ini cukup luas.

1. Rektor Unesa jadi Ketum pertama Persatuan Pickleball Indonesia

Rektor Unesa Jadi Ketum Pickleball, Olahraga Baru di IndonesiaRektor Unesa Profesor Nurhasan. (IDN Times/Fitria Madia)

Nurhasan merupakan calon tunggal dalam pemilihan ketua umum yang diselenggaralan pada Musyawarah Nasional PB Pickleball, Senin (23/11/2020). Ia pun mendapatkan suara mutlak dalam pemilihan tersebut dan resmi menjadi Ketum PPI pertama. Acara Munas ini sekaligus merupakan rangkaian acara Dies Natalis Unesa ke-56.

“Saya berharap, beberapa tahun kedepan kita mampu mewujudkan mimpi kita untuk menjadikan PPI anggota resmi dari KONI dan KOI,” ujar Nurhasan.

2. Berbagai tantangan akan dihadapi sebagai olahraga baru di Indonesia

Rektor Unesa Jadi Ketum Pickleball, Olahraga Baru di IndonesiaIlustrasi pemain ganda pickleball. Youtube.com/PlayPickleball.com

Menjadi Ketum pertama tentunya membuat Nurhasan harus memimpin cabor pickleball untuk menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah ketersediaan sarana prasarana seperti bola dan alat pemukul (paddle) yang masih belum diproduksi di Indonesia.

"Tantangan yang akan dihadapi adalah diperlukannya sarana dan prasarana yang murah serta terjangkau untuk olahraga pickleball yang saat ini masih dilakukan import dari USA dan China," ungkapnya.

3. Optimistis bisa mencetak banyak atlet berprestasi

Rektor Unesa Jadi Ketum Pickleball, Olahraga Baru di IndonesiaInstagram.com/picklerpickleball

Meski demikian, Nurhasan optimistis bahwa Indonesia bisa mencetak banyak atlet berbakat dan berprestasi dalam cabor pickleball ini. Dengan permainan yang mirip seperti badminton, tenis, dan pimpong tentunya pencarian bakat akan cukup mudah. Persaingan yang masih belum ketat juga akan membuat kesempatan Indonesia meraih kemenangan semakin luas.

"Nantinya Indonesia mampu mencetak atlet-atlet Pickleball berkualitas dengan mengikuti kejuaraan-kejuaraan baik dalam negeri maupun luar negeri. Salah satunya yang terdekat adalah Asia Championship Pickleball 3-6 Desember di Taiwan, serta Hongkong Open yang rencananya akan digelar pada 9-12 Desember mendatang," tuturnya yakin.

Baca Juga: Pihak Kampus dan Panitia Ospek Kunjungi Maba Unesa yang Dibentak

4. Pickleball mirip tenis tapi lebih ringan

Rektor Unesa Jadi Ketum Pickleball, Olahraga Baru di IndonesiaIlustrasi pemain pickleball. Instagram.com/picklerpickleball

Pickleball merupakan jenis olahraga yang baru-baru ini digemari. Permainan pickleball mirip seperti badminton, tenis, atau pimpong yaitu menangkis bola menggunakan alat pemukul. Perbedaannya terletak di jenis bola yang berbahan plastik dan berlubang sehingga laju bola lebih lamban dari permainan lainnya. Olahraga ini cocok dimainkan oleh berbagai orang tanpa perlu dasar motorik yang bagus sehingga anak-anak hingga lansia pun dapat memainkannya.

"Pickleball termasuk dalam kategori low impact dan low risk sehingga lebih mudah dinikmati oleh masyarakat, sesuai dengan jargonnya yaitu easy and fun," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Dosen Unesa Tilik 25 Mahasiswa yang Masih Tertahan di Asrama

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya