TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Atlet Amirullah Al Farizi Bawa 2 Emas dari PON XXI Aceh

Berhasil mengalahkan rekor di SEA Games 2011

Amirullah Alfarizi raih 2 medali emas (IDN Times/Sifa Aulia)

Surabaya, IDN Times - Atlet Jawa Timur kembali menunjukkan dominasinya di cabang olahraga selam kolam pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dengan berhasil menyabet enam medali emas. Salah satu bintang utama adalah Muhammad Amirullah Al Farizi, mahasiswa semester lima Universitas Negeri Surabaya (Unesa), yang berhasil menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Jawa Timur.

Pada hari pertama kompetisi, Rabu (11/9/2024), Amirullah meraih emas di nomor 100 meter surface putra dengan catatan waktu 36,89 detik. Kegemilangannya berlanjut dengan medali emas kedua pada nomor 200 meter surface putra, di mana ia memecahkan rekor nasional dengan waktu 1 menit 24,56 detik. 

Amirullah, yang terjun ke dunia selam karena tertarik dengan kecepatan di air, menyatakan bahwa persiapan intens selama setahun sangat berperan dalam kesuksesannya di PON ini.

"Saya suka tantangan kecepatan di air, dan peluang menangnya juga besar," ujar Amirullah (20) pada IDN Times hari Senin (23/09/24), di Dinner bersama Atlet PON Pemkot Surabaya. 

Momen paling berkesan bagi Amirullah adalah saat berhasil memecahkan rekor 200 meter surface, yang sebelumnya dipegang dengan waktu 1 menit 24,60 detik milik Petrol Apostle Kambey di SEA Games Indonesia tahun 2011.

"Saya berhasil memecahkan rekor pada waktu 1 menit 24,56 detik," tambahnya.

Dia juga menyampaikan bahwa partisipasinya di PON dilakukan tanpa tekanan. “Saya mengikuti kompetisi dengan enjoy, dan peran pelatih sangat besar dalam pencapaian saya,” katanya.

Dukungan dari keluarga dan teman-teman juga tak kalah penting, memberikan semangat maksimal di setiap tahap kompetisi.

Amirullah tak berhenti di sini. Impiannya adalah memecahkan rekor Asia dan memenangkan perlombaan di ajang SEA Games.

“Harapan saya ke depan adalah peningkatan fasilitas olahraga selam agar prestasi bisa terus maksimal,” tutupnya.

Baca Juga: Gladies, Atlet Loncat Indah PON XXI yang Sikat Lima Medali Emas

Verified Writer

Sifa Aulia Jannah

If you can dream it, you can do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya