Comscore Tracker

Kandungan Kalsium Tinggi, Mahasiswa Unair Olah Cangkang Telur Jadi Kue

Mau coba kue kering dari cangkang telur?

Surabaya, IDN Times - Melimpahnya limbah cangkang telur membuat sekelompok mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menlurkan inovasi berupa kue kukis dengan campuran cangkang telur. Produk ini dipercaya bisa mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

1. Kalsium berguna bagi tubuh tapi mahal

Kandungan Kalsium Tinggi, Mahasiswa Unair Olah Cangkang Telur Jadi KueMakanan yang mengandung kalsium (health.harvard.edu)

Ketua tim program kreativitas mahasiswa (PKM), Huzaifah Arofik menjelaskan bahwa cangkang telur memiliki senyawa kalsium karbonat. Senyawa ini dibutuhkan oleh tulang untuk mencegah pengeroposan terutama akibat faktor usia.

"Umumnya zat itu dikonsumsi dalam bentuk suplemen namun penggunaannya terbatas pada usia tertentu serta relatif membutuhkan biaya yang cukup mahal," ujar Huzaifah, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Jaket Pintar Karya Mahasiswa ITS, Bikin Pendaki Tersesat Cepat Ketemu

2. Kue kering dengan cangkang telur bisa jadi alternatif

Kandungan Kalsium Tinggi, Mahasiswa Unair Olah Cangkang Telur Jadi Kuetheprairiehomestead.com

Mahasiswa Fakultas Farmasi Unair ini melanjutkan, pihaknya ingin memberi alternatif kepada masyarakat agar bisa mendapat asupan kalsium karbonat tanpa membeli dalam bentuk suplemen. Alternatif ini adalah pemanfaatan cangkang telur yang diolah menjadi kue kering.

"Tim kami mencoba membuat produk makanan ringan berkualitas yaitu ‘KIES KATEL’ dengan memanfaatkan penelitian cangkang telur yang tinggi kalsium karbonat dalam bentuk cookies, sehingga sangat praktis dan efisien dikonsumsi sekaligus berguna menjaga kesehatan tulang," tutur Huzaifah.

3. Satu bungkus kue cangkang telur diklaim bisa cukupi kebutuhan kalsium dalam sehari

Kandungan Kalsium Tinggi, Mahasiswa Unair Olah Cangkang Telur Jadi Kue

Huzaifah menerangkan, kalsium dalam cangkang telur sebesar 381 miligram per-gram cangkang sesuai standar AKK (angka kecukupan kalsium) 2019. Dengan mengkonsumsi satu kemasan kukis tersebut, ia mengklaim kebutuhan kalsium per hari dapat terpenuhi.

"Produk ini tersedia dengan dua varian rasa yaitu coklat dan strawberi yang dibuat tanpa
penambahan pengawet. Itu karena telah dilakukan proses pengawetan dan dikemas secara praktis dan ringkas dengan desain menarik," ungkapnya.

4. Diharap bisa turunkan angka osteoporosis dan limbang cangkang telur

Kandungan Kalsium Tinggi, Mahasiswa Unair Olah Cangkang Telur Jadi Kueindianexpress.com

Selain memberikan solusi asupan kalsium dengan harga murah kepada masyarakat, inovasi ini juga berguna untuk memanfaatkan limbah cangkang telur. Pasalnya, jumlah pemakaian telur amat tinggi di masyarakat namun cangkangnya masih terbuang percuma.

"Hadirnya produk ini diharap dapat menurunkan angka osteoporosis di dunia terlebih Indonesia. Juga dapat mengurangi limbah cangkang telur pada lingkungan," pungkasnya.

Baca Juga: Unik, Mahasiswa Unair Sulap Kulit Udang Jadi Masker

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya