Comscore Tracker

Resah dengan COVID-19, Warga Bikin Robot Penyemprot Disinfektan

Salah fokus sama kepalanya

Surabaya, IDN Times - Ada pemandangan berbeda di kawasan RT 02 RW 03, Jalan Tembok Gede III, Kelurahan Bubutan, Surabaya. Satu robot tampak berjaga di gang kawasan setempat. Robot itu bernama Delta, terinspirasi dari salah satu nama mutasi COVID-19 yang ditemukan pertama di India.

1. Robot Delta lahir dari keresahan, bisa digunakan untuk semprot disinfektan

Resah dengan COVID-19, Warga Bikin Robot Penyemprot DisinfektanRobot Delta inovasi yang dibikin swadaya oleh warga Tembok Gede III, Bubutan, Surabaya. Dok. Ist.

Ketua RT 02 RW 03 Tembok Gede III, Aseyan mengatakan penamaan Robot Delta bukan karena warga senang dengan adanya mutasi baru itu. Justru para warga sangat resah. Sehingga tercipta satu robot yang bisa digunakan untuk menyemprot disinfektan

"Kami fungsikan untuk menyemprot disinfektan di lingkungan permukiman warga demi pencegahan penularan COVID-19," ujarnya, Kamis (5/8/2021).

2. Digerakkan dengan remote control, perakitannya selama satu pekan

Resah dengan COVID-19, Warga Bikin Robot Penyemprot DisinfektanRobot Delta inovasi yang dibikin swadaya oleh warga Tembok Gede III, Bubutan, Surabaya. Dok. Ist.

Proses perakitan Robot Delta, kata Aseyan, butuh waktu satu pekan. Menariknya, robot ini bisa dioperasikan dari jarak 100 meter. Karena dilengkapi dengan remote control. Tak hanya itu, robot ini juga dapat difungsikan sebagai pelayan.

"Jadi kalau ada tamu biar tetap jaga jarak, pelayan suguhannya bisa pakai Robot Delta, dalam rangka menerapkan protokol kesehatan," kata dia.

Baca Juga: Toko di Jepang Gunakan Robot untuk Tertibkan Protokol Kesehatan 

3. Perakitan dilakukan swadaya habiskan uang hingga belasan juta

Resah dengan COVID-19, Warga Bikin Robot Penyemprot DisinfektanIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Terkait perakitan hingga pembiayaan Robot Delta, Aseyan memastikan semuanya dilakukan secara swadaya masyarakat kampung. Nah, untuk satu unit robot menghabiskan biaya belasan juta rupiah. Perakitan komponen elektronika atau motorik pada Robot Delta ini dipimpin langsung oleh Ketua RT Aseyan, yang mengaku belajar secara otodidak.

"Ya, setidaknya tiap malam bisa dioperasikan di kampung sebagai hiburan bagi warga," pungkasnya.

Baca Juga: Mau Cuci Mobil Otomatis dengan Robot? Perhatikan 3 Hal Ini

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya