Comscore Tracker

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Ciptaan Dalam Negeri yang Bikin Bangga

Dikerjakan oleh PT PAL Surabaya

Surabaya, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meninjau kapal selam KRI Alugoro-405 di PT PAL Indonesia, Senin (27/1). Tak sendirian, dalam kunjungannya ini Jokowi didampingi beberapa menteri Kabinet Indonesia Maju. Salah satunya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Meski baru ditinjau, sebenarnya kapal selam ini telah diluncurkan oleh Menhan Kabinet Indonesia Kerja, Ryamizard Ryacudu pada 11 April 2019. Saat peluncuran, ia didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji di PT PAL Indonesia.

Nah, apa saja sih fakta-fakta dan kecanggihan kapal selam ini?

1. Kapal selam yang dikerjakan pertama kali di Indonesia

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Ciptaan Dalam Negeri yang Bikin BanggaPresiden Jokowi dan Menhan Prabowo saat meninjau proyek kapal selam karya PT. PAL di Surabaya, Senin (27/1). Twitter.com/Jokowi

Berdasarkan informasi yang dihimpun IDN Times dari PT PAL Indonesia, KRI Alugoro-405 merupakan kapal selam pertama yang dibangun di Indonesia tepatnya PT PAL. Untuk pengerjaannya, Indonesia menggandeng teknisi Korea Selatan, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME).

Keberhasilan pembangunan KRI Alugoro menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. Dalam pengerjaan joint section PT PAL Indonesia (Persero) berhasil menyelesaikan dengan predikat zero defect sempurna dalam urusan mutu.

Meskipun menjadi yang pertama, ternyata KRI Alugoro ialah kapal selam keluaran ketiga. Dua kapal selam sebelumnya, KRI Nagapasa-403 dan KRI-404 dikerjakan Korea Selatan.

2. Kapal selam yang mampu berlayar 50 hari

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Ciptaan Dalam Negeri yang Bikin BanggaPresiden Jokowi saat tinjau kapal selam Alugoro di PT PAL Indonesia, Surabaya, Senin (27/1). (Humas PT PAL)

Lebih lanjut, KRI Alugoro-405 juga tergolong kapal selam yang besar. Kapal yang satu ini memiliki panjang 61,3 meter. Tak hanya itu, kapal ini juga mempunyai kapasitas yang cukup memadai. Karena berkecepatan 21 knot di bawah permukaan air dan mampu berlayar lebih dari 50 hari serta dapat menampung lebih dari 40 kru.

3. Nama Alugoro diambil dari senjata Prabu Baladewa

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Ciptaan Dalam Negeri yang Bikin BanggaPresiden Jokowi saat tinjau kapal selam Alugoro di PT PAL Indonesia, Senin (27/1). (Humas PT PAL).

Soal nama Alugoro, ternyata diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata tersebut berupa Gada yang digunakan oleh para ksatria atau bangsawan lainnya.

Kekuatan senjata ini adalah dengan sekali pukul dapat menghancurkan kepala orang yang dipukulnya. Senjata ini dianggap sakti karena pemberian dari dewa yaitu Batara Guru, sebagai hadiah pada waktu menikah dengan Dewi Erawati.

4. KRI Alugoro telah jalani tahapan NDD, rencana diserahkan Desember 2020

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Ciptaan Dalam Negeri yang Bikin BanggaKapal Selam Alugoro Buatan Indonesia lakukan uji coba di perairan laut Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Kapal selam karya anak bangsa Alugoro menjalani tahapan Nominal Diving Depth (NDD) di Perairan Utara Pulau Bali, pada 20 Januari 2020. NDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro. Kapal selam Alugoro berhasil menyelam hingga kedalaman 250 meter.

Kapal selam Alugoro menjalani berbagai proses pengujian seperti Harbour Acceptance Test (HAT), SAT, dan direncanakan akan diserahterimakan kepada Kementerian Pertahanan untuk digunakan oleh TNI AL pada Desember 2020.

Baca Juga: Jokowi Minta Kemenhan hingga Polri Pesan Alutsista pada PT PAL

5. Pemerintah akan kerjakan kapal selam secara mandiri

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Ciptaan Dalam Negeri yang Bikin BanggaKapal Selam Alugoro Buatan Indonesia lakukan uji coba di perairan laut Banyuwangi. IDN Times/Istimewa

Rencananya, pemerintah akan mengerjakan proyek kapal selam lagi yang lebih canggih dan mandiri dari pada KRI Alugoro. Diharapkan proyek mendatang benar-benar menjadi karya anak bangsa tanpa pelibatan pihak luar negeri.

"Saya berharap pada suata titik kita bisa membangun kapal selam secara mandiri, oleh anak-anak bangsa sendiri," kata Presiden Jokowi, Senin (27/1).

Mengenal Alugoro, Kapal Selam Ciptaan Dalam Negeri yang Bikin BanggaKapal selam Alugoro buatan dalam negeri. IDN Times/Mia Amalia

Baca Juga: Canggih, Kapal Selam Buatan Indonesia Tuntas Uji Coba di Banyuwangi

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya