Comscore Tracker

Es Krim Sehat ala Mahasiswa Unair, Berbahan Wortel dan Daun Kelor

Mengoptimalkan imunitas

Surabaya, IDN Times - Tiga mahasiswa Fakutlas Vokasi Universitas Airlangga (FV Unair), Fatimah Zahro Jaelani, Dian Kumala, dan Desi Wulandari Romadhona yang tergabung dalam Tim Morca Cream membuat inovasi es krim sehat di tengah pandemik COVID-19.

1. Es krim tak pakai bahan kimia

Es Krim Sehat ala Mahasiswa Unair, Berbahan Wortel dan Daun KelorIlustrasi Ice Cream (IDN Times/Arief Rahmat)

Ketua Tim Morca Cream, Fatimah Zahro mengatakan es krim gagasanya mempunyai manfaat menyehatkan tubuh dan melindungi mata. Es krim yang risetnya mencapai satu tahun ini dipastikan tidak mengandung bahan kimia dan mudah dijangkau oleh masyarakat.

"Selain itu, juga dapat menambah apresiasi masyarakat akan pentingnya menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan mata pada saat pandemik seperti ini," ujarnya, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Sosis Sehat Mahasiswa UB, Campuran Daun Kelor hingga Cangkang Udang

2. Manfaatkan wortel dan daun kelor

Es Krim Sehat ala Mahasiswa Unair, Berbahan Wortel dan Daun Keloraladokter.com

Tim Morca Cream, kata Fatimah, memanfaatkan tumbuhan lokal yang mudah ditemukan. Yakni daun kelor dan wortel sebagai bahan dasar pembuatan es krim. Alasan memilih bahan ini, selain harganya yang terjangkau, daun kelor dan wortel merupakan sayuran memiliki banyak khasiat.

“Di dalam bagian wortel mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, provitamin A, vitamin B , vitamin C, glutathione, mengandung Ca, Mg, Fe, P, S dan CI,” jelasnya.

3. Manfaatnya untuk kesehatan mata hingga optimalkan imun

Es Krim Sehat ala Mahasiswa Unair, Berbahan Wortel dan Daun KelorTim Morca Cream. Dok. Humas Unair

Dengan kandungannya tersebut, wortel berkhasiat untuk membantu meningkatkan kesehatan mata, menurunkan darah tinggi, dan meningkatkan gizi pada tubuh manusia. Sedangkan daun kelor mempunyai mempunyai manfaat memperbaiki sel-sel dalam tubuh, dan mengoptimalkan imunitas.

Baca Juga: Unair Ciptakan Smart Farming Hidroponik dengan Kecerdasan Buatan

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya