Comscore Tracker

100 Porsi Makan Siang Gratis di Warung Mbok Berkah Tulungagung

Bantu masyarakat terdampak PPKM Level 4

Tulungagung, IDN Times - Sejak sebulan terakhir, warung Mbok Berkah yang terletak di Desa Batangsaren, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung ini menyediakan 100 porsi makan siang gratis bagi masyarakat. Warung dengan konsep sedekah tersebut hanya buka saat jam makan siang saja. Melalui warung tersebut, mereka ingin meringankan dan membantu masyarakat yang ekonominya terdampak selama masa pademik COVID-19 ini.

1. Berawal dari kegiatan sedekah subuh

100 Porsi Makan Siang Gratis di Warung Mbok Berkah TulungagungWarga menikmati santap siang di warung Mbok Berkah. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Warung ini dikelola oleh komunitas 'Sedekah Subuh'. Mereka sudah aktif melakukan kegiatan sosial berupa membagikan nasi bungkus sejak tahun 2017 lalu. Koordinator Warung Mbok Berkah, Agus Mustaqim (45) menerangkan kegiatan membagikan nasi bungkus tersebut terhenti karena minimnya kurir. Mereka lalu beralih ke membuka warung dengan konsep sedekah untuk membantu masyarakat yang terdampak selama pandemik COVID-19.

"Terlebih di masa PPKM Level 4 seperti saat ini, kami banyak melihat masyarakat terimbas secara ekonominya, untuk itu kita sepakat membuar warung Mbok Berkah ini," ujarnya, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Pasien Isoman di Blitar Dapat Makan Gratis dari Rumah Makan Ini   

2. Buka donasi untuk biaya operasional warung

100 Porsi Makan Siang Gratis di Warung Mbok Berkah TulungagungWarung Mbok Berkah sediakan ratusan porsi makan siang gratis. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Karena mengusung konsep sedekah, mereka menggratiskan biaya makan di warung ini. Meskipun begitu bagi warga yang ingin membayar tetap diperkenankan dengan harga Rp 2000 per porsinya. Uang tersebut tidak diterima oleh kasir, namun langsung dimasukkan ke dalam sebuah kotak khusus. Untuk memenuhi kebutuhan berbelanja sehari-hari, mereka juga membuka donasi berupa uang maupun bahan makanan.

"Alhamdulillah ada beberapa donatur yang ikut berdonasi sehingga sejak sebulan ini kita bisa terus beroperasi," terangnya.

3. Juga bisa dibungkus untuk keluarga isoman di rumah

100 Porsi Makan Siang Gratis di Warung Mbok Berkah TulungagungWarga menikmati santap siang di warung Mbok Berkah. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Siti Aisyah, salah satu pengelola warung Mbok Berkah menambahkan, setiap hari mereka menyiapkan 100 porsi makan siang gratis. Masyarakat bisa langsung menikmati menu yang tersedia di warung ini. Selain itu mereka juga bisa membawa pulang untuk keluarga di rumah. Pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah juga bisa mendapatkannya.

"Pihak keluarga pasien yang isoman bisa langsung mengambil ke warung ini tanpa syarat apapun, kita saling percaya saja," imbuhnya.

4. Warga merasa terbantu dengan warung ini

100 Porsi Makan Siang Gratis di Warung Mbok Berkah TulungagungWarga menikmati santap siang di warung Mbok Berkah. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Adanya warung ini dirasa sangat membantu masyarakat. Elok (35), salah satu pengunjung mendapatkan informasi tentang warung Mbok Berkah ini dari salah seorang temannya. Sudah tiga kali warga Desa Beji, Kecamatan Boyolangu ini datang ke warung ini. Selain mengambilkan makan untuk temannya yang menjalani isolasi mandiri, Elok juga selalu ditawari untuk makan juga.

"Keberadaannya sangat membantu terutama di masa PPKM seperti saat ini, untuk pasien yang isoman juga terbantu," pungkasnya.

Baca Juga: Gerakan Razia Perut Lapar, Petani Tulungagung Lelang Pisang

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Warung di Tulungagung Siapkan 100 Porsi Makan Siang Gratis

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya