Comscore Tracker

Gerakan Razia Perut Lapar, Petani Tulungagung Lelang Pisang

Ada banyak cara untuk membantu sesama

Tulungagung, IDN Times - Kelompok petani hutan Sanggar Bersatu di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung mendonasikan 100 tandan pisang untuk gerakan Razia Perut Lapar. Pisang ini dilelang dan uang hasilnya akan digunakan membeli beras untuk dibagikan ke masyarakat yang terdampak selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 berlangsung. Donasi tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap aksi sosial yang muncul selama masa pandemik.

1. Terkumpul sebanyak 100 tandan pisang

Gerakan Razia Perut Lapar, Petani Tulungagung Lelang PisangPetani mengumpulkan pisang hasil panen untuk didonasikan. IDN Times/ istimewa

Salah satu anggota kelompok petani hutan Sanggar Bersatu, Jauri menerangkan, total terdapat 100 tandan pisang jenis candi dan tanduk yang didonasikan. Pisang ini merupakan hasil panen petani yang mengolah lahan di wilayah Perhutani.

Selanjutnya, pisang tersebut didonasikan untuk gerakan Razia Perut Lapar. "Kita ingin berdonasi dalam kegiatan tersebut tapi yang kita punya hanya pisang, selanjutnya akan dikelola untuk gerakan Razia Perut Lapar," ujarnya, Senin (26/7/2021).

2. Pisang dilelang dan uangnya dibelikan beras

Gerakan Razia Perut Lapar, Petani Tulungagung Lelang PisangPetani mengumpulkan pisang hasil panen untuk didonasikan. IDN Times/ istimewa

Koordinator gerakan Razia Perut Lapar, Koko Thole menambahkan gerakan tersebut awalnya memborong nasi bungkus para pedagang yang terdampak PPKM, dan membagikannya ke mereka yang membutuhkan. Selama penerapan PPKM Level 4 ini, mereka juga aktif membagikan beras bagi masyarakat terdampak lainnya.

"Kita juga membuka donasi dan uangnya digunakan untuk membeli beras yang kita bagikan ke masyarakat terdampak PPKM," tuturnya.

Baca Juga: Warga Bantu Warga, Ghina Sediakan Makanan untuk Pasien Isoman

3. Pisang laku Rp1,4 juta, uang digabung donasi lain

Gerakan Razia Perut Lapar, Petani Tulungagung Lelang PisangPetani mengumpulkan pisang hasil panen untuk didonasikan. IDN Times/ istimewa

Pisang 100 tandan ini akhirnya dilelang oleh mereka. Awalnya mereka menggelar lelang dengan sistem ecer atau kiloan. Namun lelang tersebut kurang efektif sehingga dirubah menjadi lelang borongan. Hasilnya, pisang tersebut laku dijual dengan harga Rp 1,4 Juta. Uang hasil lelang ini akan ditambahkan dengan donasi lainnya.

"Pisang dibeli oleh seseorang seharga Rp 1,4 juta, uang ini akan kita belikan beras dan dibagikan ke masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Baca Juga: 5 Resep Camilan Berbahan Pisang untuk Menemani WFH-mu di Rumah

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Bramanta Pamungkas di IDN Times Community dengan judul Petani di Tulungagung Donasikan Pisang untuk Warga Terdampak PPKM

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya