Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan, Warga Sebut Ada 4 Orang Korban

Pesawat jatuh dalam posisi landing

Pasuruan, IDN Times - Kasi Trantib Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Khoirul Latif mengungkapkan bahwa ada 4 orang dalam dua pesawat Super Tucano yang jatuh di lahan pertanian Dusun Keduwung, Desa Keduwung, Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuran, Kamis (16/11/2023).

"Sekarang masih pencarian," ujar Khoirul kepada IDN Times. Namun, Khoirul mengaku tak tahu pasti kondisi empat orang korban yang sudah ditemukan.

Khoirul menerangkan, sekarang tim dari kecamatan terus siaga berkoordinasi menunggu kedatangan tim dari Basarnas. Dalam penanganan kecelakaan pesawat ini pihaknya mengatakan sifatnya hanya membantu. “Kami siap membantu. Karena titik jatuhnya pesawat cukup jauh dari jalan desa Keduwung,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Khoirul Latif mengungkapkan berdasarkan kesaksian warganya, bahwa jatuhnya pesawat Super Tucano ini tidak menukik tapi seperti landing. Sempat terjadi kebakaran di bagian depan (posisi baling-baling), sebelum akhirnya jatuh dan hancur.

“Jatuhnya seperti keadaan landing, ada kebakaran di depan (baling-baling), muncul titik api, setelah itu terjadi ledakan. Jatuhnya di lahan pertanian. Semua (dua-duanya) jatuh di lahan pertanian,” ujar Khoirul kepada IDN Times, Kamis (16/11/2023).

Menurut keterangan Khoirul, ada sekitar 3 warga yang sedang beraktivitas di ladang melihat detik-detik pesawat itu jatuh. Pesawat jatuh sekitar pukul 11.30, posisinya cukuo jauh dari pemukiman warga.

“Untuk posisi pesawat jatuh jaraknya cukup jauh dari jalan raya sekitar 5 kilometer. Ada warga yang menyaksikan detik-detik pesawat jatuh, mereka ketepatan saat beraktivitas di ladang pertanian,” katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di Lanud Abdulrahman Saleh Malang, dilaporkan jika ada 4 pesawat masing-masing membawa 2 orang di dalamnya. Keempat pesawat mendapatkan kode Chevron 1, Chevron 2, Chevron 3, dan Chevron4. Keempat pesawat ini melakukan station pada pukul 10.15 WIB dan melaksanakan Start Engine 4 A/C pukul 10.39 WIB. Pesawat kemudian take off pada pukul 10.50 WIB dilanjutkan dengan join dan membentuk Box Formation, continue Routing melalui Area Alpha, Bravo, Charlie, Delta.

Tapi pada pukul 11.18 WIB Chevron 1 dan Chevron 2 hilang kontak. Sementara Chevron 2, dan Chevron 3 mendata di Lanud Abdulrahman Saleh dengan selamat pada pukul 11.31 WIB.

Baca Juga: Pesawat TNI AU Tabrak Tebing di Pasuruan

Topik:

  • Faiz Nashrillah
  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya