Ojol di Surabaya Dapat Ganti Oli Kendaraan Gratis dari PSI

Katanya sih untuk ngatasin isu polusi udara

Surabaya, IDN Times - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tergerak menjaga kualitas udara Kota Surabaya agar tetap sehat dan tidak memburuk seperti ibu kota Indonesia, Jakarta.

Ketua Bidang Kebhinekaan dan Umat Beragama DPP PSI, Benny Budhijanto bekerja sama dengan DPD PSI Kota Surabaya menggelar ganti oli gratis para driver ojek online (ojol) dan masyarakat tak mampu di kawasan Ngagel Surabaya, Jumat (25/8/2023).

Cukup datang dan melakukan pendataan, para driver ojol sudah bisa menikmati ganti oli mesin kendaraan roda dua mereka yang biasa digunakan untuk bekerja mengantar penumpang. Layanan ini bahkan lengkap dengan jasa penggantian oli kendaraan.

Begitu datang ke lokasi, driver ojol didata, memberikan uang Rp10.000 untuk penanganan, mereka sudah bisa pulang dengan kondisi oli kendaraan sudah terganti dengan yang baru.

Meski antre, para driver ojol ini tak masalah. Selain dilayani dengan tempat tunggu yang nyaman, juga disuguhi dengan minuman dan juga camilan.

Benny Budhijanto mengatakan bahwa program ini sengaja digagas untuk membantu menjaga kualitas udara Surabaya. Pasalnya saat ini isu kualitas udara lingkungan masih menjadi atensi masyarakat. Sebagai kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya menurut Benny patut diapresiasi.

"Karena saat ini indeks kualitas udara di Surabaya ini masih 70 dan ini harus kita apresiasi Wali Kota Surabaya Mas Eri karena mampu menjaga kualitas udara Surabaya masih baik," kata Benny.

Kata dia, guna menjaga kualitas udara, maka kendaraan di Surabaya pun harus dikontrol agar tetap dalam performa yang baik sehingga tidak menghasilkan polusi yang berlebihan.

"Salah satu parameternya adalah oli. Maka kita ingin membantu ojol juga yang sehari-harinya berkendara di Surabaya agar performa kendaraannya baik dengan ganti oli gratis ini, sehingga membantu mengurangi polusi udara di Kota Surabaya," tegasnya.

Sebab berdasarkan informasi yang digali oleh PSI, rata-rata pengendara ojol cenderung tidak rutin ganti oli. Karena biaya ganti oli sekitar Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per ganti oli. Bagi ojol nilai ini lumayan besar, sehingga Benny berharap kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para driver ojol Surabaya.

"Rencanaya kegiatan ini akan rutin kita gelar. Semoga bisa turut andil dalam membantu menjaga kualitas udara di Kota Surabaya," pungkasnya.

Salah satu driver ojol Eko Winarto mengatakan bahwa ia bersyukur mendapat informasi terkait program PSI yang menggelar ganti oli murah di kantor DPD PSI Kota Surabaya. Menurutnya sangat membantu meringankan beban ojol.

"Karena kalau kita ganti oli di tempat biasa kan harganya Rp 60 ribu. Lha di sini cukup bayar Rp 10 ribu. Tentu sangat murah, terima kasih PSI," kata Eko yang sudah enam tahun ini berprofesi sebagai driver ojol ini.

Ia pun mengaku cukup rutin mengganti oli kendaraan. Karena itu adalah perawatan utama kendaraan untuk mencari rizki. Jika kendaraan telat service dan ganti oli maka akan berujung pada kerusaan komponen lain kendaraan. Sehingga ia bersyukur dapat bantuan ini.

"Saat ini adalah tahun politik, tentu kami berharap pemimpin maupun wakil rakyat yang terpilih nanti bisa memberikan program konkrit yang bisa dikimati rakyat," tegasnya.

Baca Juga: Giring Minta Maaf ke Gibran karena Kader Coba Pakaikan Jaket PSI

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya