Satu Pasien di Ruang Isolasi RSUD Jombang Dinyatakan Negatif Corona

Satu bulan rawat empat pasien dicurigai corona

Jombang, IDN Times - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang dikabarkan merawat seorang pasien di ruang isolasi. Kabar yang tersebar di masyarakat, pasien yang sakit batuk dan panas tersebut terjangkit virus corona atau Covid-19.

Saat dikonfirmasi wartawan, Direktur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran membantahnya. Menurut dia, dalam pemeriksaan tim dokter, tidak ditemukan indikasi pasien tersebut terinfeksi virus corona.

1. Tim dokter spesialis sempat diskusikan kasus pasien yang baru pulang dari luar negeri

Satu Pasien di Ruang Isolasi RSUD Jombang Dinyatakan Negatif CoronaDirektur RSUD Jombang dr Pudji Umbaran. IDN Times/zainul arifin

Pudji mengatakan, pasien yang kini kini dipantau perawatannya tersebut berjenis kelamin laki-laki dengan usia 70 tahun. Dia baru kembali dari luar negeri dan sudah empat hari lalu menjalani perawatan di ruang isolasi.

Saat itu, kata Pudji Umbaran, tim dokter yang menanganinya sempat berdebat terkait status pasien tersebut. Namun, dalam pemeriksaan tak ditemukan indikasi kuat pasien itu terinfeksi virus corona.

"Memang ada satu pasien yang datang dari luar negeri usianya 70 tahun dan kondisi pasien batuk dan panas. Saat itu sempat dalam pembahasan serius di tingkat para spesialis terkait (penyakit) pasien tersebut," kata Pudji.

2. RSUD nyatakan pasien di ruang isolasi negatif corona

Satu Pasien di Ruang Isolasi RSUD Jombang Dinyatakan Negatif CoronaRSUD Jombang. IDN Times/zainul arifin

Dari hasil observasi dari tim spesialis termasuk dari tim radiologi, pasien tersebut bukan kasus corona. Saat ini pasien itu sedang dipantau oleh tim khusus di salah satu ruang pasien di bagian belakang rumah sakit. Lokasinya terpisah dari ruang inap pasien umum lainnya.

"Walaupun masih belum dinyatakan terkena atau suspect, namun kami harus waspada. Makanya, pasien kami rawat di ruang isolasi dengan penanganan dan tenaga medis, serta perlindungan yang sesuai standar," ucapnya.

Baca Juga: Siaga Corona, Risma Datangi Lembaga Penelitian Corona di Unair

3. Satu bulan rawat empat pasien yang dicurigai kasus corona

Satu Pasien di Ruang Isolasi RSUD Jombang Dinyatakan Negatif CoronaRSUD Kabupaten Jombang. IDN Times/zainul arifin

Puji menyampaikan, dalam satu bulan terakhir RSUD Jombang merawat empat pasien yang dicurigai terjangkit virus corona. Namun, tim dokter memastikan seluruh pasien itu negatif virus corona. Mereka meninggalkan rumah sakit dengan kondisi sehat.

"Sampai dengan hari ini yang terkena ataupun suspect (virus corona) alhamdulillah belum ada dan mudah-mudahan tidak ada. Jika terdapat pasien yang dinyatakan suspect atau postif terjangkit, RSUD Jombang akan merujuknya ke rumah sakit yang ditunjuk pemerintah untuk menangani pasien corona," lanjut Pudji.

Menurut Pudji, virus itu dapat ditangkal dengan kekebalan tubuh yang baik. Maka, yang pertama dilakukan tetap harus menjaga kondisi tubuh supaya prima. Artinya, makan harus bergizi, istirahat harus lebih dari cukup, minum air putuh harus cukup, dan harus cuci tangan sebelum makan atau memegang apapun. 

Baca Juga: Pulang dari Bali, Warga Madiun Diperlakukan Layaknya Penderita Corona 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya