Perahu Terbalik di Jombang, Begini Kesaksian Penumpang yang Selamat

Selamat setelah ditolong pencari ikan di Sungai Brantas

Jombang, IDN Times - Insiden terbaliknya perahu di Sungai Brantas di perbatasan Kabupaten Jombang dan Nganjuk, Sabtu malam (29/2), masih menyisakan trauma. Salah satu penumpang yang selamat, Ferdiansyah (22), tak pernah menyangka perahu yang ditumpanginya celaka di tengah sungai. Warga Dusun Sentanan RT 02 RW 01, Desa Ngrombot, Kecamatan Patianrowo, Nganjuk itu sempat terombang-ambing arus sungai yang deras, sebelum akhirnya ditolong oleh warga setempat.

1. Pergi menemani teman yang mengantar pacarnya

Perahu Terbalik di Jombang, Begini Kesaksian Penumpang yang SelamatFerdiansyah (kaos putih) korban selamat. IDN Times/zainul arifin

Ferdiansyah menuturkan, saat itu dia berangkat dari Ngrombot, Nganjuk bersama temannya Dadang (22) dan Septi (20). Dadang dan Septi berpacaran.

Ferdiansyah saat itu mengendarai sepeda motor sendiri. Sedangkan Dadang dan Septi berboncengan.

"Saya waktu itu mau ikut mengantarkan pacar teman saya (Septi) ke Jombang. Naik perahu penyeberangan," tuturnya ditemui IDN Times di salah satu rumah warga di Dusun Prokoh, Desa Brangkal, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang, Minggu (1/3).

Perahu itu memang banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar. Sebab, warga tak perlu memutar jauh. Perahu penyeberangan yang menghubungkan dua kabupaten itu dinilai bisa menghemat waktu.

2. Sebelum berangkat, sempat rasakan guncangan

Perahu Terbalik di Jombang, Begini Kesaksian Penumpang yang SelamatPencarian penumpang perahu yang terbalik di sungai brantas Jombang. Dok IDN Times/zainul arifin

Selain mereka bertiga, lanjut Ferdiansyah, di atas perahu tersebut juga ada dua orang penumpang lainya. Seorang bapak dan anaknya yang menaiki sepeda motor. Jadi, penumpang perahu berjumlah enam orang.

Sebelum perahu melaju, ia sudah merasakan guncangan yang cukup besar. Perahu sempat bergoyang-goyang kencang. Meski begitu, perahu tetap saja jalan hingga akhirnya mesin mati di tengah sungai.

"Sebelum kejadian perahu terbalik, itu kena guncangan besar, terus teman saya bersama pacarnya panik dan berpelukan. Lalu dengan cepat perahu itu terbalik dan tenggelam," tambahnya

Baca Juga: Satu Siswa SMP Hanyut di Sidoarjo Kembali Ditemukan Meninggal

3. Terjun ke sungai dan berhasil mengapung dengan meraih enceng gondok

Perahu Terbalik di Jombang, Begini Kesaksian Penumpang yang SelamatFerdiansyah (kaos putih) korban selamat. IDN Times/zainul arifin

Perahu kemudian terbawa arus deras ke arah Utara. Mahasiswa asal Nganjuk tersebut berusaha menyelamatkan diri dengan melompot ke sungai dan berenang sekuat tenaga. Dua temannya saat itu juga secara bersamaan menceburkan diri ke sungai.

Ferdiansyah saat itu berusaha meraih tanaman enceng gondok yang berada di sungai. Hingga akhirnya, tubuhnya bisa mengapung karena memegang erat enceng gondok yang dia raih. Seketika itu, dia berteriak mencari pertolongan warga sekitar. Tidak lama kemudian, seorang pencari ikan mendengar teriakannya dan menolongnya.

"Sempet tenggelam ke dalam sungai dan mengalir mengikuti arus air deras. Lalu tersangkut di rimbunan kangkung dan pegangan enceng gondok. Terus teriak minta tolong berkali-kali dan terdengar oleh orang pencari ikan hingga saya bisa selamat," lanjutnya.

4. Petugas gabungan masih mencari empat penumpang yang masih belum ditemukan

Perahu Terbalik di Jombang, Begini Kesaksian Penumpang yang SelamatWarga memantau di bendungan sungai brantas Jombang. IDN Times/zainul arifin

Selain Ferdiansyah, penumpang perahu yang sudah ditemukan adalah Sukar (45) warga Desa Brodot, Kecamatan Bandarkedungmulyo. Sedangkan empat penumpang lainnya masih dalam pencarian. Di antaranya Anis (20) anak dari Sukar; Surip (42) pengemudi perahu; Dadang (22) dan pacarnya Septi (20), warga Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Jombang.

Tim SAR masih berupaya keras melakukan pencarian penumpang yang tenggelam. Hingga Minggu sore, pencarian dilakukan dengan menyusuri sekitar lokasi tenggelam dan memantau di bendungan sungai brantas.

Baca Juga: Perahu Terbalik di Sungai Brantas Jombang, Empat Orang Masih Hilang

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya