Kala Para Siswa Jombang Berburu Internet Gratis di Rumah Pintar Pemilu

Terus semangat ya!

Jombang, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Jombang masih memberlakukan kebijakan belajar di rumah. Di tengah pandemik COVID-19, para siswa tetap harus belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru masing-masing. Tingginya intensitas belajar daring, membuat para siswa memilih memburu internet gratis.

Salah satunya seperti yang tampak di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang, Selasa (18/8/2020). Kantor tersebut diserbu siswa mulai SD hingga SMP yang mencari internet gratis demi bisa mengikuti kegiatan pembelajaran daring.

1. WiFi gratis disiapkan di rumah pintar

Kala Para Siswa Jombang Berburu Internet Gratis di Rumah Pintar PemiluSiswa menikmati internet gratis di rumah pintar pemilu KPU Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Ketua KPU Jombang Athoillah menyampaikan, kondisi itu sudah berjalan selama sepekan terakhir. Awalnya, hanya segelintir siswa saja, lalu menyebar hingga banyak yang datang untuk memanfaatkan fasilitas WiFi gratis.

Menurut Athoillah, KPU sengaja memberikan akses wifi gratis untuk membantu warga sekitar yang memerlukan akses internet untuk belajar. Sebab, hampir semua sekolah memberlakukan metode daring. Fasilitas itu berada di ruang terbuka rumah pintar pemilu (RPP) Gus Dur, di kantor KPU setempat.

"Kebetulan di KPU ada rumah pintar pemilu yang ada akses WiFi-nya. Saya pikir kenapa tidak kita memanfaatkan itu untuk warga yang memerlukan. Lalu kami rancang RPP ini, kami tata lagi dan perkuat jaringannya untuk masyarakat secara gratis," katanya. 

2. Sediakan tiga laptop untuk siswa

Kala Para Siswa Jombang Berburu Internet Gratis di Rumah Pintar PemiluTerlihat para siswa juga menggunakan laptop yang disediakan KPU Jombang untuk menikmati wifi gratis. IDN Times/Zainul Arifin

Di RPP itu, KPU menyiapkan tempat duduk berjarak serta fasilitas aliran listrik. Selain itu, KPU juga menyiapkan tiga unit laptop yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan para pelajar.

Athoillah mengatakan, mereka yang ingin memanfaatkan fasilitas internet diwajibkan menerapkan protokol kesehatan. Yakni mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun atau hand sanitizer. Selain itu, juga wajib memakasi masker serta menjaga jarak untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami kasih tempat untuk ngecas. Kami juga suda berbicara (koordinasi) dengan kepala desa sini. Kebetulan di sini dekat SD dan ada warga sekitar yang memerlukan akses internet, kebetulan tanggapannya baik. Ini ada banyak sekali seperti sekarang ini. Ya semua diharuskan mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Baca Juga: Simulasi Tatap Muka, Satu Siswa SLB di Tulungagung Tak Dapat Izin Ortu

3. Berharap meringankan kebutuhan warga

Kala Para Siswa Jombang Berburu Internet Gratis di Rumah Pintar PemiluKantor KPU Kabupaten Jombang. IDN Times/Instagram.KPUkabJombang

Athoillah melanjutkan, selain fasilitas internet gratis, pihaknya juga menyiapkan air minuman galon yang bisa diminum oleh semua. Internet gratis itu bisa dimanfaatkan tanpa batas dan sewaktu-waktu selagi jam kerja kantor KPU masih buka.

"Harapannya dapat membantu warga sekitar untuk mengurangi beban biaya yang mereka tanggung di masa pandemik ini. WiFi-nya juga kami siapkan terus, sepanjang warga disini mau menggunakan ya kami persilakan," tandasnya.

4. Siswa terbantu dengan WiFi gratis

Kala Para Siswa Jombang Berburu Internet Gratis di Rumah Pintar PemiluPara siswa memanfaatkan fasilitas internet gratis di rumah pintar pemilu KPU Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Sementara itu, seorang siswa Novan mengaku dirinya terbantu dengan adanya fasilitas internet gratis yang diberikan oleh KPU.

"Sangat terbantu dan hemat juga. Awalnya saya belajar di rumah menggunakan paket data, tapi sekarang paket data saya habis. Karena ada WiFi gratis, saya akhirnya memutuskan untuk belajar di sini," kata siswa kelas V SDN I Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto.

Novan berharap pandemik COVID-19 ini segera berakhir. Sehingga, dia bisa bersekolah seperti sedia kala.

Baca Juga: Anak-anak Jombang Lomba Baca Teks Proklamasi di Rumah Bung Karno

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya