Sopir Bus Study Tour Tertidur Sebelum Menabrak Truk di Tol Jombang

Polisi temukan jejak pengereman Bus 695 Meter

Jombang, IDN Times - Polisi mengungkap penyebab kecelakaan maut bus pariwisata rombongan study tour SMP PGRI 1 Malang yang menabrak truk di KM 695+400 Tol Jombang-Mojokerto, Selasa (21/5/2024) pukul 23.45 WIB. Penyebabnya karena sopir bus tertidur saat mengemudikan kendaraannya. Kepastian itu berdasarkan pengakuan sopir bus kepada polisi.

Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin di Mapolres Jombang mengatakan bus pariwisata Bimario pelat nomor W 7422 UP itu baru saja kembali mengantarkan rombongan setelah berlibur di Yogyakarta. Bus itu dikemudikan oleh Yanto (36) warga dusun Bendorejo, Desa Gembongan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

"Menurut keterangan sopir baru saja kembali dari Malioboro kemudian akan kembali ke Malang. Informasi yang kami dapat study tour, sekolah satu kelas didampingi oleh guru dan juga orang tua," kata Komarudin di Polres Jombang, Rabu (22/4/2024).

1. Sopir sempat tertidur

Sopir Bus Study Tour Tertidur Sebelum Menabrak Truk di Tol JombangDirlantas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin. IDN Times/Zainul Arifin

Dalam perjalanan memasuki KM 695+400 Tol Jombang, pengakuan sementara dari sopir bus sempat tertidur hingga bus lari ke kiri kemudian menabrak truk Mitsubishi nopol N 9674 UH bermuatan gerabah yang berada di depannya. Truk yang ditabrak disopiri oleh Arif Yulianto (37) warga Lawang, Kabupaten Malang yang melaju di lajur kiri.

"Pengakuan sementara dari sopir bus sempat tertidur hingga bis lari ke kiri didepannya ada truk menabrak truk," kata dia.

Baca Juga: Bus Study Tour SMP Malang Tabrak Truk di Tol Jombang, 2 Meninggal

2. Polisi temukan jejak rem bus sepanjang 695 meter

Sopir Bus Study Tour Tertidur Sebelum Menabrak Truk di Tol JombangKondisi truk boks ringsek usai menabrak truk tangki di Tol Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Komarudin mengungkapkan, dalam olah tempat kejadian perkara (TKP), pihaknya menemukan bekas pengereman bus. 

"Dari TKP kita temukan ada jejak rem bus sepanjang 695 meter kemudian dari mulai titik tabrak pengeremen truk sampai berhenti itu sepanjang 188,2 meter, artinya dapat disimpulkan sementara dalam kecepatan tinggi," katanya.

3. Kecelakaan akibatkan dua tewas dan 14 luka ringan

Sopir Bus Study Tour Tertidur Sebelum Menabrak Truk di Tol JombangKondisi truk boks ringsek usai menabrak truk tangki di Tol Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Ia juga mengatakan bahwa berdasarkan pengakuan sementara, sopir juga sempat berhenti di rest area 627. "Kalau secara logika dari 627 ke 694 jaraknya belum terlalu jauh dan sopir juga menyampaikan masih dalam kondisi mengunyah permen karet terus tiba tiba hilang katanya seperti itu," katanya.

Akibat kecelakaan tersebut, dua orang dinyatakan meninggal dunia dari jumlah keseluruhan penumpang bus sebanyak 51 orang. Korban meninggal yakni kernet bus bernama Edy Sulistiyono warga Desa Bangle, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dan Edy Crisna Handaka warga Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

"Kecelakaan ini menyebabkan dua orang meninggal dunia kemudian 14 orang luka ringan," tandasnya.

Baca Juga: Korban Kecelakaan Rombongan Study Tour Dikenal Pendidik Sejati

Zainul Arifin Photo Community Writer Zainul Arifin

Berkarya!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya