Profil Mundjidah Petahana yang Maju Lagi di Pilkada Jombang

Jiwa kepemimpinannya diwarisi dari Sang Ayah

Jombang, IDN Times - Mundjidah Wahab yang menjadi petahana kini maju lagi sebagai bakal calon Bupati Jombang di Pilkada 2024. Mundjidah dibesarkan di lingkungan pesantren. Ia lahir di Desa Tambakberas, Kabupaten Jombang, 22 Mei 1948.

Mundjidah dibesarkan di lingkungan keluarga pesantren Bahrul Ulum Tambakberas dan ayahnya merupakan pahlawan nasional sekaligus pendiri dan penggerak organisasi Islam Nahdlatul Ulama (NU). Ia lima bersaudara dan merupakan anak nomor tiga. Mundjidah putri ketiga dari pasangan KH. Abdul Wahab Chasbullah dan Nyai Sa'diyah.

1. Perjalanan Keluarga

Profil Mundjidah Petahana yang Maju Lagi di Pilkada JombangKediaman Mundjidah Wahab Pondok Pesantren Al Lhatifiyyah II Bahrul Ulum Jombang. IDN Times/Dok.Zainul Arifin

Sang suami, almarhum K.H. Imam Asy'ari Muhsin. Dari pernikahannya, Mundjidah memiliki lima orang putra dam putri yaitu Ema Umiyyatul Chusnah, Silahuddin Asyari, Awin Tammah, Lailatun Nikmah, dan Gus A'ud.

Mundjidah mengenyam pendidikan di SDN Sambong Jombang hingga tahun 1962, MI Islamiyah Bahrul Ulum Tambakberas hingga lulus tahun 1963, serta MMA Bahrul Ulum Tambakberas hingga lulus pada tahun 1968.

Selain itu, Mundjidah juga pernah menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas dan Pondok Pesantren Al-Hidayah, Lasem, Jawa Tengah.

Baca Juga: Petahana Mudjidah Daftar Balon Bupati Jombang Lewat Demokrat Jatim

2. Jiwa kepemimpinan mewarisi Sang Ayah Kiai Wahab

Profil Mundjidah Petahana yang Maju Lagi di Pilkada JombangMantan Bupati Jombang Mundjidah Wahab. IDN Times/Dok.Zainul Arifin

Jiwa pemimpin Mundjidah mewarisi sang ayah Kiai Wahab seorang ulama, tokoh nasional, politikus, dan pemimpin organisasi terbesar di dunia. Dalam catatan sejarah, semasa hidupnya kiai Wahab semangatnya dalam berjuang demi negara dan agama tak pernah padam hingga akhir hayatnya.

"Beliau (Ibu Mundjidah) bukan tipe orang yang haus jabatan. Semua aktivitas dan semangat perjuangannya itu semata diabdikan demi kepentingan agama, bangsa, dan negara," kata Farid Alfarisi, salah satu menantu Mundjidah, Kamis (6/6/2024).

Mundjidah meniti karir politik di parpol maupun ormas sejak muda. Mundjidah aktif di organisasi perempuan Nahdlatul ulama (NU). Mulai dari IPPNU, Fatayat NU hingga Muslimah NU. Ia juga Pernah menduduki jabatan di legislatif serta eksekutif.

Tahun 1971 Mundjidah menjadi anggota DPRD Jombang. Periode berikutnya 1997 hingga 2012, ia menjadi anggota DPRD Jawa Timur. Politikus perempuan yang sudah malang melintang di dunia politik dan berpengalaman itu terpilih sebagai Wakil Bupati mendampingi Bupati Nyono Suharli Wihandoko untuk periode 2013-2018.

Kemudian, pada Pilkada 2018 Mundjidah maju berkontestasi kembali. Ia mencalonkan sebagai Calon Bupati berpasangan dengan Sumrambah. Pasangan ini pun terpilih. Mundjidah dan Sumrambah sukses memimpin kota santri Jombang periode 2018-2023.

3. Mundjidah maju lagi di Pilkada Jombang

Profil Mundjidah Petahana yang Maju Lagi di Pilkada JombangKetua DPW PPP Mundjidah Wahab. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Setelah berakhir masa jabatannya pada 2023 lalu, Mundjidah kembali ke Ponpes Al lathifiyah II Bahrul Ulum Tambakberas Jombang sebagai pengasuh. Wanita yang akrab dipanggil Bu Nyai Mundjidah tersebut juga aktif di partai persatuan pembangunan (PPP) Jawa Timur yang dinahkodainya. Tidak hanya itu, ia juga aktif di organisasi Muslimat NU Jombang yang saat ini dipimpinnya.

Pada pilkada 2024 ini, Mundjidah akan  ikut berkompetisi lagi. Sang petahana ini telah diusung oleh partai berlambang kakbah. Sayangnya PPP tidak cukup modal untuk mengusung secara mandiri. PPP cuma punya empat kursi di DPRD sesuai hasil pileg 14 Februari lalu. Sedangkan, syarat minimal parpol untuk mengusung dan mendaftarkan bakal calon (balon) ke KPU minimal sepuluh kursi DPRD.

Memuluskan tiket maju lagi pada pesta demokrasi November nanti, Mundjidah mendaftar lewat penjaringan DPD Partai Demokrat Jatim yang saat ini punya enam kursi DPRD Jombang.Jika Demokrat memberikan rekomendasi ke Mundjidah dan berkoalisi dengan PPP, maka mantan orang nomor satu di Jombang itu bisa berkompetisi di Pilbup tahun ini.

”Ya, ibu daftar penjaringan cabup dari partai demokrat,’’ kata ketua DPC PPP Jombang Ema Umiyyatul Chusnah atau Ning Ema kepada wartawan.

Baca Juga: Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024

Zainul Arifin Photo Community Writer Zainul Arifin

Berkarya!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya