Kronologi Kecelakaan Maut Bus Study Tour di Tol Jombang

Kernet dan Guru duduk di kursi depan

Jombang, IDN Times - Dua orang penumpang dinyatakan meninggal dalam kecelakaan maut bus pariwisata pelat nomor W 7422 UP menabrak truk Mitsubishi nopol N 9674 UH di Kilometer 695+400 Tol Jombang-Mojokerto, pada Selasa (21/5/2024) pukul 23.45 WIB malam. Selain itu, belasan penumpang bus luka-luka.

Korban meninggal yaitu kernet bus bernama Edy Sulistiyono warga Desa Bangle, Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar dan Edy Crisna Handaka warga Desa Ngebruk, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang.

1. Bus ditumpangi 51 orang rombongan study tour SMP PGRI 1 Wonosari Malang

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Study Tour di Tol JombangKondisi bus rombongan study tour SMP PGRI 1 Wonosari yang alami kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto. (Dok. PJR Polda Jatim)

Direktur direktorat lalu lintas Polda Jatim Kombes Pol Komarudin mengatakan bus itu ditumpangi sebanyak 51 orang rombongan dari SMP PGRI 1 Wonosari Malang. Terdiri dari dua orang kru, 30 siswa, guru dan juga orang tua siswa. Secara kebetulan, kata Komarudin, posisi duduk siswa berada di belakang, dan yang di depan adalah para orang tua maupun guru.

Sementara kedua korban yang meninggal dunia itu posisi duduknya berada di bagian depan. Posisi kernet ada di sebelah kiri, sementara penumpang guru duduk di belakang sopir. 

"Korban meninggal kernet berada di posisi sudut kiri kemudian satu lagi pensiunan guru itu berada di belakang sopir terkena benturan besi dampak tabrakan dengan truk," kata Komarudin di Polres Jombang, Rabu (23/4/2024).

"Jadi memang sebagian besar yang luka-luka ini orang tua," lanjutnya.

Baca Juga: Sopir Bus Study Tour Tertidur Sebelum Menabrak Truk di Tol Jombang

2. Kronologi kecelakaan di Tol Jombang

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Study Tour di Tol JombangKondisi bus rombongan study tour SMP PGRI 1 Wonosari yang alami kecelakaan di Tol Jombang-Mojokerto. (Dok. PJR Polda Jatim)

Kronologi kejadian bermula, bus pariwisata Bimario itu baru saja kembali mengantarkan rombongan setelah berlibur di Yogyakarta. Bus dikemudikan Yanto (36) asal dusun Bendorejo, Desa Gembongan, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

"Menurut keterangan sopir baru saja kembali dari Malioboro kemudian akan kembali ke Malang. Informasi yang kami dapat study tour, sekolah satu kelas didampingi oleh guru dan juga orang tua," kata Komarudin.

Nah, dalam perjalanan memasuki KM 695+400 Tol Jombang, dari pengakuan sementara, sopir bus sempat tertidur hingga bus lari ke kiri kemudian menabrak truk nopol N 9674 UH bermuatan gerabah yang dikemudikan oleh Arif Yulianto (37) warga Lawang, Kabupaten Malang yang melaju di lajur kiri.

"Dari TKP kita temukan ada jejak rem bus sepanjang 69,2 meter, kemudian dari mulai titik tabrak pengeremen truk sampai berhenti itu sepanjang 188,2 meter, artinya dapat disimpulkan sementara dalam kecepatan tinggi," katanya.

3. Sempat berhenti di rest area tak terlalu jauh dari lokasi kecelakaan

Kronologi Kecelakaan Maut Bus Study Tour di Tol JombangSuasana rumah duka korban kecelakaan bus di Tol Jombang-Mojokerto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Berdasarkan pengakuan sementara, Komarudin menambahkan, sopir sempat berhenti di rest area 627. "Kalau secara logika dari 627 ke 694 jaraknya belum terlalu jauh dan sopir juga menyampaikan masih dalam kondisi mengunyah permen karet terus tiba tiba hilang katanya seperti itu," katanya.

Hingga saat ini, pihak kepolisian masih terus mendalami kasus kecelakaan maut menawaskan dua orang penumpang bus tersebut. Polisi terus memeriksa saksi-saksi, di antaranya sopir bus dan truk serta sejumlah penumpang.

Baca Juga: Bus Study Tour SMP Malang Tabrak Truk di Tol Jombang, 2 Meninggal

Zainul Arifin Photo Community Writer Zainul Arifin

Berkarya!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya