Keseruan Santri Tebuireng Jombang Bakar Sate Massal di Pondok

Membangun kebersamaan di hari raya idul adha

Jombang, IDN Times - Ponpes (Pondok Pesantren) Tebuireng, Jombang pada hari raya iduladha 1445 H menyembelih 27 ekor sapi dan 7  kambing kurban yang dikirim oleh sejumlah pejabat, Perusahaan hingga menteri, Senin (17/6/2024). Antara lain dari Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jatim, Kapolda Jatim, Pangdam V Brawijaya serta sejumlah perusahaan.

Selain dibagikan kepada masyarakat, daging kurban juga disate lalu dibakar rame-rame para santri. Kondisi tersebut menjadikan suasana di lingkungan pesantren Tebuireng Jombang semarak.

Pantauan IDN Times, ribuan santri secara bergantian membakar daging hewan kurban di lingkungan dalam pondok yang telah disiapkan. Selain pondok putra, juga dilakukan oleh para santriwati di asrama masing-masing.

"Ada 4 titik bakar sate rame-rame, yakni di pondok putra dan putri," kata Mudzir Ponpes Tebuireng Jombang, Lukman Hakim.

1. Santri rayakan iduladha bakar sate rame-rame

Keseruan Santri Tebuireng Jombang Bakar Sate Massal di PondokSantri Tebuireng memakan sate yang sudah matang. IDN Times/Zainul Arifin

Para santri Tebuireng mendapatkan jatah daging dari panitia penyembelihan hewan kurban pondok. Pembagiannya diberikan disetiap kamar 5-10 orang santri. Selain daging kurban, mereka juga mendapat bumbu lengkap dengan alat bakaran sate.

Saat bakar sate massal, para santri membentuk kelompok dan mengelilingi tungku pembakaran. Mereka bertanggung jawab atas tusukan sate yang dibakar di hadapannya masing-masing. Hal itu seperti terlihat di halaman tengah pondok induk.

"Jadi para santri tersebut menikmati liburan hari raya iduladha dengan rame-rame bakar sate di pondok," kata Lukman.

Baca Juga: Ratusan Warga di Jombang Rayakan Idul Adha Lebih Awal

2. Tradisi tahunan santri Tebuireng saat hari Raya iduladha

Keseruan Santri Tebuireng Jombang Bakar Sate Massal di PondokSantri Tebuireng Jombang Bakar Sate Massal. IDN Times/Zainul Arifin

Salah satu santri, M Khoirul Sarifudin mengatakan tradisi bakar sate secara massal di lingkungan Pesantren sudah berlangsung sejak beberapa tahun lalu. Ia sendiri mengikuti acara di dalam pondok itu sudah empat kali selama mondok.

"Kelas 1 SMP di Tebuireng itu saya bakar sate rame-rame, kemudian kelas 2 ditiadakan pas ada covid dan saya pulang ke rumah. Terus kelas 3 SMP serta SMA bakar-bakaran sate seperti ini. Jadi sudah 4 tahunan ini," kata santri asal Subang Jawa Barat ini.

3. Membangun kebersamaan

Keseruan Santri Tebuireng Jombang Bakar Sate Massal di PondokSuasana bakar sate massal di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Khoirul mengaku senang meski tidak bisa pulang kampung pada momen iduladha ini. Apalagi, aktivitas bakar sate massal itu berlangsung meriah.

"Alhamdulillah senang banget bisa nyate dapat daging dari pondok, seru nyate di sini daripada di rumah, di rumah sendirian," kata santri kelas 11 SMA ini.

Khoirul menambahkan bahwa aktivitas bakar sate yang dilaksanakan bersama-sama oleh para santri berdampak positif untuk membangun kebersamaan dan solidaritas di kalangan santri.

"Alhamdulillah seru untuk kekompakan anak-anak, gotong rotong, untuk melatih kreaktifitas anak-anak dan rasa persaudaraannya anak-anak satu kamar bertambah," katanya.

Baca Juga: Mundjidah Kantongi Surat Tugas dari Demokrat untuk Pilkada Jombang

Zainul Arifin Photo Community Writer Zainul Arifin

Berkarya!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya