Hadi Tjahjanto Safari di Tebuireng Jombang Perkuat Stabilitas Politik

Besok berkunjung ke Gereja Katedral

Jombang, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) Hadi Tjahjanto safari ramadan di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Rabu (27/3/2024).

Menteri Hadi bersama rombongan disambut pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz dan Forkopimda pemkab setempat. Selain  pertemuan di dalem Kasepuhan, Hadi juga berziarah ke makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan para ulama di komplek makam Ponpes Tebuireng.

1. Silaturahmi perkuat stabilitas politik

Hadi Tjahjanto Safari di Tebuireng Jombang Perkuat Stabilitas PolitikMenkopolhukam Hadi Tjahjanto saat di Ponpes Tebuireng Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Hadi mengungkapkan, safari ramadan itu bertujuan merajut, menjaga ukhuwah terhadap seluruh lapisan masyarakat. Apabila ukhuwah itu kuat, maka akan memengaruhi stabilitas politik, hukum dan keamanan di seluruh wilayah Indonesia.

"Oleh sebabnya saya terus akan melaksanakan Safari Ramadan, kebetulan saat ini adalah bulan suci Ramadan ke seluruh lapisan masyarakat termasuk seluruh komponen yang ada di Indonesia," ungkap Hadi di Tebuireng Jombang, Rabu siang, (27/3/2024).

Sebelumnya, pada Selasa (27/3/2024) Menteri Hadi bersama jajaran kemenko Polhukam juga bersilatuhmi dan berbuka bersama para pimpinan serta pengurus Pesantren Syaichona Moh Kholil di Bangkalan. 

Baca Juga: Pergerakan Tanah di Jombang Semakin Parah Pascagempa

2. Hadi juga akan berkunjung ke Gereja Katedral

Hadi Tjahjanto Safari di Tebuireng Jombang Perkuat Stabilitas PolitikMenkopolhukam Hadi Tjahjanto saat di Ponpes Tebuireng Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Mantan Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) tersebut mengaku juga akan berkunjung ke Gereja Katedral Emmanuel, besok Kamis (28/3/2024). Tujuan kunjungan itu pun juga untuk menjaga ukhuwah lintas agama, supaya Indonesia semakin kuat.

"Stabilitas politik hukum dan keamanan kuat agar masyarakat bisa merasakan keberlanjutan pembangunan," ucap mantan panglima TNI ini. 

3. Perayaan Paskah dipastikan Aman

Hadi Tjahjanto Safari di Tebuireng Jombang Perkuat Stabilitas PolitikMenteri Hadi Tjahjanto bersama rombongan saat pertemuan di dalem Kasepuhan Ponpes Tebuireng Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

Terkait Hari Raya Paskah bertepatan bulan suci ramadan, Hadi memastikan berjalan aman. Hadi mengaku sudah melaksanakan rakor (rapat koordinasi) dengan bidang intelijen untuk memberikan rasa aman kepada masyarakst yang sedang merayakan, khususnya Paskah 4 hari berturut-turut ini.

"Dan kami laporkan juga, kemarin bahwa situasi kondisi aman. Kemudian kalau kita lihat kegiatan jaringan teroris saat ini juga aman, kondisinya saat ini statusnya rendah sampai sedang," ujar Menteri Hadi.

Kendati demikian, Hadi menegaskan pihaknya tetap melakukan antisipasi, apabila ada kegiatan-kegiatan yang mengarah pada suatu gangguan kamtibmas, TNI, Polri, BIN, dan Densus, semuanya siap.

"Dan kami juga mengamankan dengan pengamanan terbuka dan secara prefentif," kata menteri pengganti Mahfud MD ini.

Baca Juga: Pengusaha Parcel dan Amplop Lebaran di Jombang yang Panen Cuan

Zainul Arifin Photo Community Writer Zainul Arifin

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya