Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024

Kepala Desa hingga Petahana

Jombang, IDN Times – Suhu politik Menjelang Pemilihan Bupati (Pillbup) 2024 yang akan dilaksanakan serentak pada November mendatang mulai memanas. Enam figur telah muncul ke publik. Mulai dari kepala desa (Kades) hingga petahana bertarung berebut tiket partai politik (parpol) untuk maju menjadi bakal calon bupati Jombang.

Enam figur itu di antaranya Warsubi, Gus Hans, Gus Salman, Sumrambah, Ahmad Rifai dan Mundjidah Wahab. Berikut profil singkat nama-nama tersebut.

1. Warsubi

Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024Kepala Desa Mojokrapak Tembelang Jombang, Warsubi. IDN Times/Dok.Zainul Arifin

Warsubi adalah pendatang baru di dunia politik. Ia saat ini menjabat kepala desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang sekaligus ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Jombang. 

Dia juga pengusaha sukses yang dikenal berbagi uang hingga miliaran kepada masyarakat dan orang kurang mampu. Warsubi memiliki UD (Usaha Dagang) Phalosari yang bergerak dalam bidang pemasaran kemitraan Ayam dan juga memotong Ayam. 

Pada pilkada tahun ini, Warsubi maju sebagai bakal calon bupati diusung PKB yang memiliki 12 kursi hasil pileg DPRD Jombang 2024. Selain PKB, Warsubi juga mendaftar melalui penjaringan di partai Demokrat.

Ketua DPC PKB Jombang Hadi Atmaji menyebut alasan mengusung Warsubi karena yang disyaratkan PKB dipenuhi semua oleh Warsubi. Salah satunya postur APBD Kabupaten Jombang.

“Kalau beliau terpilih menjadi bupati, 80 persen alokasi APBD untuk pembangunan desa. Sedangkan 20 persen untuk kota. Nah, hal itu sejalan dengan misi PKB. Kedua, calon wakil yang ditunjuk Pak Warsubi adalah yang disetujui para kiai kultural Jombang,” kata Hadi.

Baca Juga: Profil Gus Hans, Kader Golkar Digadang di Pilbup Jombang 2024 

2. Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans

Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024Bakal Calon Kepala Daerah Jombang Gus Hans. IDN Times/Dok.Pribadi

Rekam jejak Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans mudah ditemukan. Aktivis pesantren ini lahir di Jombang pada 23 Maret 1976 dari pasangan suami istri KH As'ad Umar dan Hj Azah As'ad. Tumbuh dalam keluarga Nahdliyin, membuat Gus Hans memiliki posisi penting dalam dunia santri sebagai Sekjen Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN).

Jelang Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya 2020 silam, Gus Hans menjadi kader yang dipilih Golkar untuk maju sebagai bakal calon walikota Surabaya. Meski langkahnya harus terhenti pada momen Pilwali tersebut, ayah tiga anak ini dikabarkan kembali mendapat kesempatan pada pilkada tahun ini dengan mengantongi rekomendasi dari Golkar untuk maju sebagai bakal calon bupati Jombang.

3. M Salmanuddin Yazid atau Gus Salman

Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024Baliho KH M Salmanudin atau Gus Salman terpasang di Jombang. IDN Times/Zainul Arifin

KH M Salmanudin Yazid, atau dikenal sebagai Gus Salman adalan mantan ketua PCNU Kabupaten Jombang yang juga pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung. Gus Salman dikenal memiliki latar belakang pendidikan pesantren yang kuat.

Kiai yang bakal ikut berkompetisi pada pilkada Jombang ini adalah santri dari KH Musta’in Syafi’i al-Hafidz dan KH A. Hadi Yusuf Masyhar di PP-MQ Tebuireng, serta dibimbing oleh Alm. KH Abdul Nashir Fattah dan Alm. KH Isrofil Amar.

Dukungan terhadap Gus Salman beberapa bulan terakhir, mengalir. Sejumlah kiai kampung, tokoh agama, dan guru agama menyuarakan dukungan agar ia maju dalam Pilkada 2024. Hingga pada Kamis (9/5/2024), Gus Salman resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati Jombang melalui penjaringan Partai Demokrat. 

"Yang ke sini mendaftarkan beliau saat itu adalah tim pemenangannya," kata Ketua DPC Partai Demokrat Jombang Syarif Hidayatulloh dikonfirmasi IDN Times, Selasa (24/6/2024).

4. Sumrambah

Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024Sumrambah (kanan) bersama Sadarestuwati dan Pj Bupati Jombang Sugiat saat acara di Plandaan. IDN Times/Zainul Arifin

Sumrambah bukan orang asing di mata masyarakat Jombang. Sebab, ia pernah menjadi Wakil Bupati periode 2018-2023 mendampingi Mundjidah Wahab. 

Sumrambah lahir di Jombang 25 Oktober 1975. Ia adik kandung mantan Bupati Jombang Suryanto dan Sadarestuwati anggota DPR RI Fraksi dari PDI Perjuangan. Sumrambah pernah menjabat Ketua DPC PDIP Jombang dan menjadi anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi PDIP periode 2009 hingga 2014.

Menjelang Pilkada 2024, pria yang sekarang menjabat sebagai ketua KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Jawa Timur itu telah resmi mendaftar Bakal Calon Bupati (Bacabup) melalui PDI Perjuangan pada pertengahan Mei 2024 lalu. Selain itu, mantan orang nomor dua di kota santri itu juga mendaftar lewat penjaringan partai Demokrat.

“Bismillah saya mendaftarkan diri menjadi calon bupati melalui PDIP,”  kata Sumrambah saat berkunjung ke kantor DPC PDIP Jombang bersama Wiwin Sumrambah, istrinya yang pada Pileg 2024 terpilih sebagai DPRD Provinsi Jawa Timur.

5. Ahmad Rifai

Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024Ahmad Rifai. IDN Times/Instagram

Di dunia pengacara, sosok Ahmad Rifai tak asing. Namanya mulai dikenal saat jadi pengacara pimpinan KPK Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Riyanto pada 2009 silam. Sejak ia memegang kasus itu, istilah kriminalisasi dan Civak Vs Buaya jadi akrab di telinga publik.

Bukan hanya itu saja, dihimpun IDN Times, pria yang memiliki tempat tinggal di Mojokrapak, Tembelang, Jombang ini juga banyak memegang kasus para selebriti. Beberapa di antaranya Shinta Bachir saat mendapat ancaman pembunuhan, lalu ada kasus Charly Van Houten sampai almarhum Gatot Brajamusti.

Kini, Rifai memutuskan untuk terjun di dunia politik. Pengacara kondang yang dikabarkan pernah dekat dengan artis Risti Tagor ini pada Pemilu 2024 lalu maju sebagai calon legislatif DPR RI lewat Partai Demokrat. Namun, gagal melenggang ke Senayan. Nah, pada Pilkada tahun ini, Rifai kembali berebut tiket sebagai bakal calon bupati dari partai berlambang segitiga mercy.

"Pak Ahmad Rifai sudah daftar sebagai calon kepala daerah di DPP Partai Demokrat," kata Ketua DPC Partai Demokrat Jombang Syarif Hidayatulloh.

6. Mundjidah Wahab

Enam Figur Berebut Tiket Pilkada Jombang 2024Ketua DPW PPP Mundjidah Wahab. IDN Times/Dok. Zainul Arifin

Mundjidah Wahab merupakan tokoh perempuan yang cukup dikenal di lapisan masyarakat terutama di Kota Santri. Wanita kelahiran 22 Mei 1948 ini pernah menjadi Bupati perempuan pertama di Jombang periode 2018–2023 dengan usia 70 tahun berpasangan dengan Sumrambah.

Putri dari KH. Abdul Wahab Hasbullah pendiri NU dan pahlawan nasional itu, kini terjun lagi untuk bertarung dengan kandidat bakal calon bupati lain pada Pilkada serentak, November 2024 nanti.

Ketua DPW PPP Jawa Timur dan ketua Muslimat Kabupaten Jombang ini telah mendaftar sebagai bakal calon bupati melalui Partai Demokrat. Mundjidah juga dikabarkan akan diusung oleh PPP.

Ketua DPC PPP Jombang Ema Umiyyatul Chusnah (Ning Ema) membenarkan Mundjidah Wahab telah mendaftar lewat Demokrat. Dijelaskan, Mundjidah mendaftar langsung ke DPD Demokrat Jatim, karena penjaringan di tingkat kabupaten telah ditutup. ”Ya, lewat DPD Demokrat Jawa Timur,’’ kata Ema yang juga putri Mundjidah Wahab.

Baca Juga: Bakal Calon Bupati Jombang Gus Hans Gagas Desentralisasi

Zainul Arifin Photo Community Writer Zainul Arifin

Berkarya!!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya