Toilet SMPN 1 Surabaya Seperti di Hotel, Risma: Biar Gak Katro

Wah, sambil main PUBG di toilet asik nih~

Surabaya, IDN Times - Tampilan toilet SMPN 1 Surabaya sempat menjadi perbincangan publik. Bukan karena kotor atau pesing, melainkan karena tampilannya yang seperti kamar mandi hotel.

“Itu sudah lama sebenarnya (membuat toilet di SMPN seluruh Surabaya seperti toilet hotel). Sudah sejak awal (menjabat sebagai walikota), dari tahun 2011,” ungkap Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, usai rumah pompa di Kawasan Mangrove, Kamis (14/3).

 

1. Dari toilet, Risma ingin anak-anak Surabaya tidak katro

Toilet SMPN 1 Surabaya Seperti di Hotel, Risma: Biar Gak KatroIDN Times/Vanny El Rahman

Melalui toilet yang rapih nan indah, Risma berharap agar siswa-siswi di Surabaya tidak norak. “Semua (SMPN) sudah kayak toilet bandara dan hotel. Supaya anak-anak gak katro,” sambungnya. 

Sebagaimana diketahui, masih sedikit fasilitas umum di Indonesia yang memiliki tampilan mewah. Bagi Risma, ini adalah cara menyiapkan generasi milenial di masa depan. “Jadi kalau mereka sudah besar, pergi ke hotel, sudah tahu fungsinya. Di sana (toilet) ada urinoir, westafel, sama toilet duduk,” papar orang nomor satu di Surabaya itu.

2. Banyak toilet duduk yang rusak

Toilet SMPN 1 Surabaya Seperti di Hotel, Risma: Biar Gak KatroIDN Times/Vanny El Rahman

Bukan tanpa masalah. Menurut perempuan kelahiran Kediri 20 November 1961 itu, banyak anak-anak yang belum mengerti bagaimana menggunakannya dengan benar. “Banyak yang jongkok di toilet duduk."

Risma menyambung, “Dinas Cipta Karya marah-marah karena banyak yang patah. Saya sampaikan gak usah diganti. Nanti akan saya siapkan stiker bagaimana cara menggunakannya. Tapi gak apa-apa, nanti juga mereka tahu,” kata dia.

Baca Juga: Risma Targetkan Jembatan Bambu Mangrove Rampung Tahun ini

3. Risma siapkan program bersih-bersih tiap bulan

Toilet SMPN 1 Surabaya Seperti di Hotel, Risma: Biar Gak KatroIDN Times/Vanny El Rahman

IDN Times sempat mendatangi toilet di SMPN 1 Surabaya. Keadaanya memang sangat bersih, selalu ada petugas yang rutin membersihkannya. Kondisinya juga wangi.

Untuk menjaga kebersihannya, Risma juga mengajak siswa-siswi untuk membersihkan toilet sekolah sebulan sekali. “Makanya kami adakan lomba kebersihan sekolah, yang kotor dikasih bendera hitam. Nanti sebulan sekali kami ajak ngosek bareng untuk menjaganya.” tutup Risma.

4. Toilet SMPN 1 sempat viral

Toilet SMPN 1 Surabaya Seperti di Hotel, Risma: Biar Gak KatroIDN Times/Vanny El Rahman

Toilet SMPN 1 Surabaya memang sempat menjadi perbincangan pubik karena tampilannya yang seperti hotel. Bahkan, video yang menunjukkan kondisi toilet itu sempat viral. Yang juga membedakan dengan toilet sekolah lain adalah pengelolaan toilet ini. Jika umumnya toilet sekolah dibersihkan oleh tukang kebun, SMPN 1 memilih menyewas jasa cleaning service.

Baca Juga: Polisi Sempat Bongkar Toilet, Begini 5 Fakta Penangkapan Andi Arief

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya