Timses Yakin Madura Jadi Lumbung Suara Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur 

Pada Pilpres 2014 Jokowi kalah di Madura

Bangkalan, IDN Times - Silaturahmi Calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, ke Bangkalan, Madura pada Jumat (19/10) dinilai menjadi langkah tepat untuk memperkuat basis suara di Jawa Timur. Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf semakin yakin mampu mendulang suara 70 persen.

Baca Juga: Jokowi-Ma'ruf Gaet 10 Jubir dan 47 Influencer, Ini Daftar Namanya

1. Ketua Timses yakin Jokowi-Ma'ruf bisa membalikkan keadaan

Timses Yakin Madura Jadi Lumbung Suara Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur Dok. IDN Times/ Istimewa

Ketua TKD Jawa Timur, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin, menyampaikan pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Madura. Sebab, pada Pilpres 2014, Jokowi gagal meraih kemenangan di daerah tersebut.  

“Silaturahim Kiai Maruf hari ini menjadi pembuka dari langkah-langkah kami ke depan. Insya Allah semua lancar. Apalagi, kerja-kerja Pak Jokowi selama ini sudah terasa di Madura, baik itu Kartu Indonesia Pintar (KIP), Program Keluarga Harapan (PKH), dan sertifikat hak atas tanah kepada warga,” ujar mantan Kapolda Jatim itu, Jumat (19/10). 
 

2. Madura dianggap kunci pemenangan Jawa Timur

Timses Yakin Madura Jadi Lumbung Suara Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur IDN Times/Fitria Madia

Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Madura mencapai 3,25 juta warga atau sekitar 10,67 persen dari total DPT di Jawa Timur. Karenanya, Machfud yakin Madura merupakan salah satu kunci supaya pasangan calon petahana menuju periode kedua.  

“Maka ini akan kami garap secara serius, sebagai salah satu kunci kemenangan Jokowi-KH Maruf di Jatim,” jelas Machfud. 

3. Santri dan ulama jadi simpul prioritas

Timses Yakin Madura Jadi Lumbung Suara Jokowi-Ma'ruf di Jawa Timur DOk. IDN Times/Istimewa

Santri dan tokoh agama menjadi simpul kemenangan Jokowi-Ma'ruf. Pasalnya, Madura memiliki lebih dari 600 pondok pesantren. “Jadi kunjungan KH Maruf hari ini sebagai pembuka saja, ke depan kami akan ke Madura secara intensif baik dengan membawa kandidat maupun tim kami sendiri,” paparnya. 

“Bismillah saja, dengan restu dan barokah para kiai, kami yakin Pak Jokowi dan KH Maruf bisa mendapat amanah dari mayoritas rakyat Madura. Apalagi, Kiai Maruf adalah keturunan Madura dari Kiai Demang, Plakaran, Arosbaya, Bangkalan,” tutup Machfud.

Baca Juga: TKN Jokowi Gelar Pentas Seni untuk Korban Gempa NTB dan Sulteng

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya