Pasca Kericuhan, Polrestabes Perketat Penjagaan di Asrama Papua

Semoga kericuhan tidak terulang kembali

Surabaya, IDN Times - Polrestabes Surabaya memperketat penjagaan di seputar Asrama Mahasiswa Papua (AMP) untuk menghindari kericuhan terulang. Menurut Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol. Sandi Nugroho, petugas akan semakin diintensifkan untuk menjaga kawasan asrama mahasiswa Papua yang berlokasi di Jalan Kalasan.

"Pengamanan akan kami tingkatkan, baik dalam bentuk penjagaan atau patroli," kata Sandi di Mapolsek Wonokromo, Surabaya, Selasa (20/8).

1. Tidak ingin ada aksi susulan

Pasca Kericuhan, Polrestabes Perketat Penjagaan di Asrama PapuaDok.IDN Times/Istimewa

 

Sandi menyayangkan aksi yang dilakukan oleh ormas dan organisasi kepemudaan (OKP) diwarnai kata-kata rasis yang tidak layak. Aparat akan mencegah kejadian serup terulang kembali.

"Sehingga gak ada lagi yang melakukan kegiatan tambahan atau aksi-aksi di depan asrama mahasiswa Papua," terangnya.

2. Belum ada penetapan tersangka soal pembuangan bendera

Pasca Kericuhan, Polrestabes Perketat Penjagaan di Asrama PapuaDok.IDN Times/Istimewa

 

Terkait oknum yang membuang bendera merah putih ke selokan, polisi belum menetapkan tersangka setelah memintai keterangan dari 43 mahasiswa asrama Papua yang diamankan di Mapolrestabes.

"Sampai saat ini belum ada cukup bukti. Maka kami harus menggali lagi untuk alat bukti lainnya. Untuk bisa meningkatkan status atau perkembangan penyidikan lainnya," tutupnya.

Baca Juga: Minta Maaf, Risma Berjanji Akan Kunjungi Asrama Mahasiswa Papua

3. Forkopimda Jatim sudah bertemu dengan Keluarga Besar Papua di Surabaya

Pasca Kericuhan, Polrestabes Perketat Penjagaan di Asrama PapuaIDN Times/Ardiansyah Fajar

Polemik kisruh yang terjadi di Asrama Mahasiswa Papua sendiri perlahan mulai menemui titik temu. Dalam pertemuan itu, semua pihak sepakat untuk menjaga kondusifitas Jawa Timur. Bahkan, Gubernur Jawa Timur berencana membuat Asrama Nusantara sebagai tempat bernaung mahasiswa perantau di Surabaya dari seluruh penjuru Indonesia.

Baca Juga: Cangkrukan, Cara Forkompimda Jatim Akrab dengan Keluarga Papua

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya