Khofifah Beberkan Sebab Tingginya Kekerasan Perempuan di Jatim

Malang dan Banyuwangi jadi daerah paling rawan

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membeberkan sejumlah penyebab mengapa tindak kekerasan terhadap perempuan di Jawa Timur masih tinggi. Salah satu rumpun masalahnya adalah pernikahan usia anak.

“Sebetulnya mungkin nikah usia dini, karena memang tertinggi di Jawa Timur secara nasional,” kata Khofifah dalam wawancara khusus bersama IDN Times, Kamis (21/3). Menurut Khofifah, pernikahan usia anak berujung pada perceraian hingga kekerasan dalam rumah tangga.

1. Diska banyak diberikan oleh pengadilan agama

Khofifah Beberkan Sebab Tingginya Kekerasan Perempuan di JatimTOLAK PERNIKAHAN ANAK. Ilustrasi pengantin anak usia sekolah dalam kampanye menolak perkawinan anak oleh Yayasan Kakak di Solo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. Foto oleh Ari Susanto/Rappler

Mantan Menteri Sosial RI itu sempat mengumpulkan sejumlah Ketua Pengadilan Agama di Jawa Timur. Pasalnya, dia melihat banyak dispensasi perkawinan (diska) yang diberikan kepada pemohon.

“Saya kumpulkan di ruangan ini (Ruang Grahadi), beberapa Ketua Pengadilan Agama Kabupaten juga. Saya sampaikan untuk menyisir nikah dini usia karena mereka banyak kasus diska,” ulas dia.

2. Sekitar 80 persen diska diberikan karena sudah hamil

Khofifah Beberkan Sebab Tingginya Kekerasan Perempuan di JatimIDN Times/Agus Prabowo

Berdasarkan hasil pertemuan tersebut, Khofifah mengetahui ternyata 80 persen diska diberikan karena pemohon sudah hamil terlebih dahulu.

Dia memaparkan, “Diska itu perempuan yang minta dispensasi mau nikah sebelum 16 tahun. Lalu, 80 persen dari diska sudah hamil gitu. Jadi kalau sudah hamil, gak mungkin gak diberi dispensasi, masalahnya bisa lebih berat lagi.”

3. Malang dan Banyuwangi, kabupaten dengan pernikahan usia anak tertinggi

Khofifah Beberkan Sebab Tingginya Kekerasan Perempuan di JatimIDN Times/Sukma Shakti

Sebagaimana diketahui, Jawa Timur menempati urutan pertama sebagai provinsi dengan perceraian tertinggi, disusul oleh Jawa Barat. Data yang dipegang Khofifah, Malang dan Banyuwangi menjadi penyumbang perceraian terbesar. “Tertinggi di Malang dan Banyuwangi, ada spesifik kecamatannya,” imbuhnya singkat.

4. Ini penyebab utama tingginya pernikahan usia anak

Khofifah Beberkan Sebab Tingginya Kekerasan Perempuan di JatimIDN Times/Fitria Madia

Pernikahan usia anak yang berujung kepada kekerasan, sambung Khofifah, disebabkan oleh kemiskinan dan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Karena itu, ia berjanji untuk berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Jawa Timur.

“Kenapa setiap saya ketemu siapapun yang menawarkan program, tolong ya 10 kabupaten ini, tolong ya 10 kabupaten ini. Jadi kalau tidak diintervensi secara komprehensif, gak selelsai masalahnya,” tutup Khofifah. 

Baca Juga: Khofifah Janji Perempuan di Jatim bisa Bersaing dengan Laki-Laki

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Faiz Nashrillah
  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya