Bertemu Santri di Bangkalan, Ma'ruf Amin Mengaku Berdarah Madura

Padahal Ma'ruf lahir di Banten

Bangkalan, IDN Times - Calon Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, menemui ribuan santri dan tokoh agama di Pesantren Hidayatulloh Al-Muhanirin, Bangkalan, Madura, Jumat (19/10). Setibanya di lokasi bersama istrinya, Wury Estu Handayani, rombongan pasangan petahana Joko "Jokowi" Widodo ini langsung disambut oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur, Machfud Arifin.

Baca Juga: Bawaslu Tindak Lanjuti Dugaan Iklan Jokowi-Ma'ruf di Media Massa

1. Ma'ruf Amin klaim berdarah Madura

Bertemu Santri di Bangkalan, Ma'ruf Amin Mengaku Berdarah MaduraDok. IDN Times/Istimewa

Di hadapan tokoh agama dan masyarakat Bangkalan, Mantan Rais Aam PB Nahdlatul Ulama (PBNU) ini mengaku memiliki keturunan tokoh serta raja di Madura pada masa lampau.

“Saya keturunan Madura dari Kiai Demang Plakaran, Arosbaya, Bangkalan. Beliau mempunyai anak bernama Raden Kiai Pragalba. Lalu cucu beliau yang di Pamekasan kemudian diperistri Raja Sumedang Larang yang kemudian diberi gelar Nyai Ratu Harisbaya yang diambil dari Arosbaya. Dari sana kemudian lahir mbah-mbah saya,” terang Ma'ruf.

2. Ma'ruf tegaskan perhatiannya terhadap Madura

Bertemu Santri di Bangkalan, Ma'ruf Amin Mengaku Berdarah MaduraIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Setelah mengaku dirinya berdarah Madura, melalui keturunan Kiai Demang yang merupakan raja di Bangkalan, Ma'ruf berjanji tidak akan melupakan Madura. “Karena saya berdarah Madura, mana mungkin saya lupa Madura,” pemuka agama asal Banten itu. 

3. Ma'ruf akan kampanye ke seluruh Madura

Bertemu Santri di Bangkalan, Ma'ruf Amin Mengaku Berdarah MaduraDOk. IDN Times/Istimewa

Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf Jatim, Machfud Arifin, menyampaikan agenda Ma'ruf di Madura adalah wujud silaturahim awal. Ke depannya, telah disiapkan sejumlah agenda lain untuk mengunjungi seluruh kabupaten di Madura.

“KH Maruf adalah ulama, dan pasti sangat memahami kultur di Madura yang sangat kental dengan budaya khas pesantren. Dengan silaturahim ini, kami makin yakin bisa memenangkan Pak Jokowi dan KH Maruf di Madura dan Jatim secara umum,” tutup mantan Kapolda Jatim itu.

Baca Juga: Pemerintah Dituding Ugal-ugalan, PDIP: Jokowi Tetap Tunjukkan Kinerja

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya