DPRD Dukung Penuh Keputusan Risma Tolak Kedatangan Viking Sun

Warga Surabaya tak usah panik

Surabaya, IDN Times - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kemarin melayangkan surat penolakan terkait bersandarnya kapal pesiar Viking Sun di Pelabuhan Tanjung Perak. Kapal yang rencananya akan bersandar pada Jumat (6/3) itu diduga memuat penumpang suspect corona. DPRD Surabaya pun menyatakan mendukung keputusan Risma.

1. DPRD nilai keputusan Risma sudah tepat

DPRD Dukung Penuh Keputusan Risma Tolak Kedatangan Viking SunKapal pesiar Viking Sun. vikingcruises.com

Penolakan kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun dinilai Khusnul adalah keputisan yang tepat. Khusnul menilai keputusan itu datang dari berbagai pertimbangan utamanya menjaga warga Surabaya. "Ini upaya pencegahan juga bagi warga Surabaya. Masyarakat sekarang lebih aware, jadi mereka juga mudah panik," ujar Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah.

2. Butuh infromasi tentang kapal pesiar tersebut

DPRD Dukung Penuh Keputusan Risma Tolak Kedatangan Viking SunKetua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Khusnul Khotimah. IDN Times/Tarida Alif

Khusnul mengatakan akan menggali informasi tentang kapal tersebut. Untuk itu, sebenarnya hari ini pihaknya telah  mengundang Dinas Pariwisata untuk melakukan rapat dengar pendapat atau hearing. Namun, rapat ditunda karena pihak Dinas Pariwisata tak datang.

"Itu yang perlu kita bicarakan sebenarnya. Kami perlu mencari data kedatangan kapal pesiar dan memastikannya," kata Khusnul

Baca Juga: Risma Tolak Kapal Pesiar Viking Sun Bersandar di Surabaya

3. Dorong pemkot bangun fasilitas cuci tangan untuk publik

DPRD Dukung Penuh Keputusan Risma Tolak Kedatangan Viking SunPexels/Burst

Melihat kepanikan yang muncul di masyarakat, Khusnul mengatakan bahwa DPRD akan mendorong Pemerintah Kota Surabaya untuk membangun fasilitas publik untuk cuci tangan. "Warga tidak usah panik. Kami akan rencanakan dengan matang agar memfasilitasi warga," ujarnya. Ia juga mengomentari tentang langkanya cairan cuci tangan atau hand sanitizer. "Oh iya, terkait hand sanitizer yang mulai langka, kami menilai cuci tangan lebih efektif."

Baca Juga: 2 Penumpang Kena Virus Corona, Kapal Viking Sun Tertahan di Laut Jawa

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya