Widodo Cahyono Putro Resmi jadi Arsitek Baru Arema FC 

Widodo jadi pelatih keempat Arema FC musim ini

Malang, IDN Times - Manajemen Arema FC langsung menemukan pengganti Fernando Valete yang masa baktinya dipotong lebih awal. Sosok pengganti pria asal Portugal ini adalah pelatih lokal, yaitu Widodo Cahyono Putro.

Sebelumnya pelatih asal Cilacap ini melatih Bhayangkara FC dan Deltras FC pada musim 2023/2024. 

1. Manajemen Arema FC melakukan langkah cepat dengan mengontrak Widodo Cahyono Putro

Widodo Cahyono Putro Resmi jadi Arsitek Baru Arema FC Pelatih Baru Arema FC, Widodo Cahyono Putro (kiri). (Dok. Media Officer Arema FC)

Manajer Arema FC, Wiebie Dwi Andriyas mengatakan jika mereka langsung mengontrak Widodo Cahyono Putro untuk memimpin 10 laga terakhir Arema FC. Ia mengatakan ini adalah langkah cepat yang perlu dilakukan Singo Edan agar pelatih baru bisa segera bekerja.

"Pada situasi seperti ini manajemen harus bergerak cepat. Sehingga pilihan akhirnya jatuh pada Widodo Cahyono Putro yang akan memimpin tim," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (9/2/2024).

Baca Juga: Arema FC Resmi Pecat Fernando Valente

2. Manajemen Arema FC percaya jika karakter kepelatihan Widodo Cahyono Putro bisa selamatkan Singo Edan

Widodo Cahyono Putro Resmi jadi Arsitek Baru Arema FC Pelatih Baru Arema FC, Widodo Cahyono Putro (kiri). (Dok. Media Officer Arema FC)

Wiebie menjelaskan jika Widodo dipilih sebagai pelatih kepala karena memiliki karakter kuat untuk menangani tim. Apalagi sekarang Arema FC membutuhkan figur yang memiliki karakter kuat untuk mengangkat performa tim demi bisa lepas dari zona degradasi.

"Pemilihan coach Widodo alasan pertama adalah karakter dan pengalamannya. Kami menilai coach Widodo adalah figur pelatih yang memiliki karakter serta pengalaman, tentu tidak lain hal ini dilakukan sebagai upaya agar Arema FC bisa lepas dari zona degradasi," ujarnya.

Setelah mendarat di Malang, Widodo akan langsung memimpin latihan perdana Arema FC besok. Ini dilakukan agar ia segera menerapkan strategi baru untuk anak-anak Singo Edan.

3. Alasan pemilihan Widodo Cahyono Putro, ternyata permintaan pemain juga

Widodo Cahyono Putro Resmi jadi Arsitek Baru Arema FC Pelatih Baru Arema FC, Widodo Cahyono Putro (kanan) bersama asisten pelatih, Kuncoro. (Dok. Media Officer Arema FC)

Lebih lanjut, General Manager Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi mengatakan jika figur pelatih lokal menjadi pilihan utama karena di rentang waktu yang tersisa Arema FC harus meminimalisir risiko. Salah satu pertimbangan utama adalah proses adaptasi.

"Karena harus kita akui, proses adaptasi kalau dengan pelatih asing itu tidak membutuhkan waktu yang singkat. Pergantian ini juga didukung oleh pemain," tandasnya.

Ia menjelaskan jika pelatih lokal akan lebih cepat beradaptasi dengan pemain-pemain Singo Edan. Sedangkan pelatih asing membutuhkan waktu yang lebih lama untuk beradaptasi.

Baca Juga: Peluang Lolos Degradasi Kian Sempit, Pelatih Arema Masih Optimistis

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya