Warga Malang Temukan Jasad Bayi Hanyut di Sungai

Bayi ini ditemukan tersangkut di pusaran sungai

Malang, IDN Times - Warga di sekitar Sungai Pakil di Dusun Trajeng, Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang digegerkan dengan penemuan jasad bayi yang hanyut di pusaran sungai. Bayi berjenis kelamin perempuan ini ditemukan pada Senin (19/2/2024).

Kejadian ini langsung menjadi perhatian Satreskrim Polres Malang. Pihak kepolisian melakukan penyelidikan intensif terkait penemuan mayat bayi dan mencari orang tua bayi ini.

1. Bermula dari saksi yang sedang mencari janur

Warga Malang Temukan Jasad Bayi Hanyut di SungaiOlah TKP penemuan jasad bayi di Sungai Pakil, Kabupaten Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kasubsipenmas Humas Polres Malang, Ipda Dicka Ermantara menceritakan jika kejadian bermula ketika saksi Parwito (44) mencari janur di tepi Sungai Pakil sekitar pukul 06.30 WIB. Ia diketahui bersama saksi lain melihat sesuatu yang mencurigakan di pusaran sungai, benda tersebut mirip seperti boneka yang tersangkut di tepi sungai. 

Setelah didekati, ternyata itu adalah mayat bayi perempuan yang tersangkut di tepi sungai. Parwito segera menghubungi petugas Polsek Pakis untuk melaporkan penemuan tersebut. 

"Tim dari Polsek Pakis yang menerima laporan segera datang ke lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Petugas juga melakukan evakuasi terhadap jasad tersebut," terangnya.

2. Bayi tersebut kemudian dievakuasi ke RSUD Saiful Anwar

Warga Malang Temukan Jasad Bayi Hanyut di SungaiIlustrasi mobil ambulans. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Dicka menjelaskan jika bayi tersebut ditemukan dalam kondisi telanjang. Tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan saat ditemukan. Diperkirakan bayi tersebut telah meninggal dunia sehari sebelumnya. Petugas Polsek Pakis selanjutnya membawa mayat tersebut ke Rumah Sakit Unit Daerah (RSUD) Saiful Anwar Koya Malang guna dilakukan pemeriksaan Visum. 

"Terkait penemuan jasad bayi di tepi aliran sungai Kecamatan Pakis kami sudah melakukan langkah-kangkah penyelidikan. Kami akan mencari asal usul dan orang tua bayi ini," tegasnya.

Baca Juga: Warga Bekasi Temukan Jasad Bayi Perempuan di Kali Busa 

3. Pihak kepolisian akan menyelidiki dulu penyebab kematian bayi ini

Warga Malang Temukan Jasad Bayi Hanyut di SungaiOlah TKP penemuan jasad bayi di Sungai Pakil, Kabupaten Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lebih lanjut, Dicka mengungkapkan pihaknya sedang melakukan penyelidikan secara menyeluruh untuk mengungkap fakta-fakta terkait kasus ini. Sehingga upaya identifikasi korban dan pencarian informasi dari masyarakat sekitar terus dilakukan untuk menemukan pihak yang bertanggung jawab atas kejadian tragis ini.

"Kami tengah berupaya untuk mengidentifikasi mayat tersebut dan mencari tahu penyebab kematian. Kami mengimbau kepada masyarakat yang memiliki informasi terkait kasus ini untuk segera melaporkan ke Polsek Pakis agar dapat membantu dalam penyelidikan lebih lanjut," pungkasnya.

Baca Juga: Pelaku Hoaks Begal Ranugrati Malang Terancam Pidana

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya