Beras Bulog Sudah Sebulan Hilang di Pasar Malang

Padahal beras ini diedarkan buat mengantisipasi kelangkaan

Malang, IDN Times - Salah satu langkah pemerintah untuk menurunkan harga beras yang meroket dengan cara menyalurkan beras Bulog ke pasar-pasar tradisional dan toko-toko. Ternyata, beras tersebut langsung sulit ditemui karena diborong warga. Sebagian warga Kota Malang juga mengeluhkan hal yang sama. Mereka tidak kebagian beras Bulog yang katanya disalurkan untuk menekan harga beras di pasar-pasar tradisional.

1. Pedagang Pasa Oro-oro Dowo mengaku kesulitan mendapatkan stok beras Bulog

Beras Bulog Sudah Sebulan Hilang di Pasar MalangKondisi Pasar Tradisional Oro-oro Dowo, Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Salah seorang pedagang sembako di Pasar Oro-Oro Dowo, Kota Malang bernama Dede mengaku sudah 2 oekan ini tidak mendapatkan stok beras Bulog. Hal ini dikarenakan beras Bulog 5 kilogram kualitas medium selalu ludes diserbu warga.

"Saya sebelumnya mendapatkan stok 10 sak, itu gak ada seminggu sudah habis. Terus sudah 2 Minggu gak dapat stok lagi, katanya sudah langkah dan pengirimannya lama," terangnya saat ditemui pada Senin (26/2/2024).

Beras Bulog memang menjadi rebutan saat ini, pasalnya beberapa merek beras lain mengalami kenaikan harga signifikan, sementara beras Bulog harganya sesuai HET (Harga Eceran Tertinggi) yaitu Rp10.900,- per kilogram untuk kualitas medium. Sementara untuk beras merek Lombok, mengalami kenaikan hingga Rp5 ribu, dari harga Rp75 ribu per 5 kilogram menjadi Rp80 ribu.

2. Warga mengaku mendapatkan beras Bulog terkahir pada bulan Januari

Beras Bulog Sudah Sebulan Hilang di Pasar MalangKondisi Pasar Tradisional Oro-oro Dowo, Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Di tempat yang sama, seorang ibu rumah tangga yang biasa berbelanja di Pasar Oro-oro Dowo bernama Endang Wulandari mengaku sudah sebulan tidak mendapatkan stok beras Bulog. Ia mengaku pembelian beras Bulog juga dibatasi, setiap pembeli maksimal hanya boleh membeli 3 kantung beras saja dengan total 15 kilogram.

"Sudah sebulan ini tidak mendapatkan beras Bulog, jadi terpaksa beli yang harganya Rp80 ribu. Kita berharap agar beras Bulog kembali tersedia di pasar, karena harga beras sekarang terasa kenaikannya," bebernya.

Baca Juga: Beras Naik Ugal-ugalan Ternyata Biaya Produksinya Tak Karuan

3. Satgas Pangan Polresta Malang Kota akui keberadaan beras Bulog langka

Beras Bulog Sudah Sebulan Hilang di Pasar MalangIlustrasi beras Bulog. (dok. Bulog)

Kasatgas Pangan Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto mengakui jika keberadaan beras Bulog di Kota Malang semakin langka. Selama sidak yang ia lakukan hari ini di Pasar Oro-oro Dowo hari ini juga tidak terlihat ada beras SPHP Bulog.

Oleh karena itu, mereka akan melakukan pengecekkan di gudang Bulog Kota Malang. Mereka akan melihat apakah memang stoknya tidak ada di sana. "Kami akan ke Bulog untuk kita cek (stoknya). Kita juga akan cek proses distribusinya seperti apa," pungkasnya.

Baca Juga: Bos Bulog Ungkap Tanda-tanda Musim Panen Sudah Terlihat

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya