Viral Pemuda di Malang Main Petasan Bikin Tulisan Kayutangan Rusak

Pengerisakan terjadi usai Salat Ied

Malang, IDN Times - Viral di media sosial terkait ulah seorang pemuda di Kota Malang yang merusak tulisan akrilik Kayutangan Heritage di perempatan Rajabali Jalan Jenderal Basuki Rahmat Kecamatan Klojen, Kota Malang. Pemuda tersebut terlihat memakai pakaian gamis dengan sajadah di pundak kanan, ia kemudian menyalakan petasan di atas huruf T pada tulisan 'Kayutangan' hingga membuat tulisan tersebut hancur.

Kejadian ini diposting oleh akun Instagram @malangraya_info dengan mendapatkan 1,7 juta penonton. Video ini juga mendapatkan 30 ribu like, 5.176 komentar, dan 3.138 ribu kali dibagikan.

1. DLH Kota Malang melaporkan jika kejadian ini terjadi usai Salat Idul Fitri

Viral Pemuda di Malang Main Petasan Bikin Tulisan Kayutangan RusakSuasana Salat Ied di Kota Malang. (Instagram/@wibisono.ari)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang melaporkan jika kejadian ini terjadi pada Rabu (10/4/2024) usai pelaksanaan Salat Idul Fitri. Aksi ini juga terekam oleh CCTV milik Dinas Kominfo (Diskominfo) Kota Malang.

Remaja tersebut terekam dalam CCTV tengah berjalan sambil menentang petasan dan korek api menuju tulisan Kayutangan Heritage yang terbuat dari akrilik. Ia berjalan santai kemudian menyalakan petasan di atas fasilitas tersebut hingga hancur. Mirisnya, pemuda tersebut tetap berjalan santai pergi meskipun tahu telah merusak fasilitas umum.

Kejadian ini kemudian menjadi viral setelah video CCTV pengerusakan fasilitas umum ini dibagikan ke media sosial. Netizen beramai-ramai menghujat perilaku remaja laki-laki tersebut.

"Benar kejadian tersebut terjadi di perempatan Rajabali Kayutangan. Kerusakan berupa tulisan dari akrilik Kayutangan Heritage," terang Kepala Bidang Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang, Laode KB Alfitra saat dikonfirmasi pada Minggu (14/4/2024).

Baca Juga: 3 Warga Malang Curi Sapi di Blitar

2. DLH Kota Malang sayangkan perilaku pemuda tersebut

Viral Pemuda di Malang Main Petasan Bikin Tulisan Kayutangan RusakVideo viral pengerusakan akrilik Kayutangan Heritage. (Dok. Diskominfo Kota Malang)

Laode menyayangkan perilaku pemuda yang merusak fasilitas umum tersebut. Ia berharap masyarakat bisa menjaga keindahan dan tidak merusak fasilitas yang menunjang Kota Malang agar lebih baik saat dilihat pemudik atau wisatawan.

Meskipun demikian, DLH Kota Malang langsung menanggapi kejadian ini dengan segera melakukan perbaikan. Tapi ia mengatakan butuh waktu untuk membuat kembali akrilik Kayutangan Heritage.

"Kita sudah koordinasikan dengan tim dekorasi kota untuk perbaikan. Tapi kita harus menunggu setelah toko perlengkapan buka, jika memang sudah ada yang buka maka segera kita tangani," jelasnya.

3. DLH Kota Malang serahkan penanganan hukumnya pada Polresta Malang Kota

Viral Pemuda di Malang Main Petasan Bikin Tulisan Kayutangan RusakIlustrasi gelar pasukan di Polresta Malang Kota. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Lebih lanjut, Laode mengatakan jika untuk proses hukum kejadian ini akan diurus oleh Polresta Malang Kota. Mereka saat ini hanya fokus pada proses perbaikan. Tapi ia berharap Polresta Malang Kota bisa memberikan sanksi yang membuat pelaku jera.

"Kasus ini kami serahkan sepenuhnya pada pihak kepolisian. Kalau harapan saya bisa ditindaklanjuti untuk efek jera, karena ini kan fasilitas umum," pungkasnya. 

Baca Juga: Pembunuhan di Gunung Katu Malang Berlatar Asmara Sesama Jenis

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya