Viral Mobil Google Street Nyasar di Kebun Tebu Malang

Biasanya bikin nyasar, sekarang kena karmanya

Malang, IDN Times - Sebuah video viral tersebar di akun TikTok. Video tersebut menunjukkan sebuah mobil google strewt view berwarna hitam tengah terjebak di tengah-tengah jalan kebun tebu. Video yang diunggah akun TikTok @hasimsitepu pada Sabtu (10/06/2023) ini pun langsung viral dengan 28 ribu like dan 2.789 komentar.

Diketahui jika kejadian tersebut ternyata terjadi di Dusun Gumukmas, Desa Karangsari RT.33/RW.06, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Di sana memang terkenal memiliki banyak hamparan kebun tebu, pasalnya Malang Selatan adalah salah satu sentra penghasil gula di Jawa Timur.

1. Mobil berjenis CRV itu dilengkapi dengan kamera 360 derajat

Viral Mobil Google Street Nyasar di Kebun Tebu MalangMobil google street nyasar di kebun tebu Malang. (TikTok/@hasimsitepu)

Akun TikTok @hasimsitepu membagikan video mobil google street yang tengah terjebak ke dalam kebun tebu di Dusun Gumukmas, Desa Karangsari RT.33/RW.06, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Terlihat jika mobil tersebut berjenis Honda CRV dengan nomor polisi (nopol) B 1142 DFP. Di atas atap mobil juga terpasang kamera 360 derajat yang biasa terpasang di mobil google street untuk menangkap gambar kondisi jalan.

Mobil tersebut kesulitan melintasi jalan yang masih berupa tanah berlumpur. Akhirnya beberapa warga memutuskan untuk menarik mobil berwarna hitam ini dengan tali tambang. Meskipun demikian, beberapa kali ban mobil masih slip. Warga yang ikut menarik juga kewalahan karena struktur tanah yang menanjak.

Setidaknya ada 12 orang yang membantu menarik mobil google street tersebut. Beberapa orang menarik dengan tambang dari depan. Beberapa orang terlihat mendorong dari belakang karena sulitnya evakuasi.

2. Salah satu warga yang membantu evakuasi membenarkan kejadian mobil google street nyasar di kebun tebu Malang

Viral Mobil Google Street Nyasar di Kebun Tebu MalangIlustrasi menggunakan Google Maps. (unsplash.com/CardMapr.nl)

Salah satu warga yang ikut melakukan evakuasi, Amin menebarkan kejadian tersebut. Ia mengungkapkan jika kejadian ini terjadi pada Kamis (08/06/2023) pukul 15.00 WIB. Saat itu ia dihampiri oleh 2 orang yang meminta bantuan karena mobil mereka yang terjebak di dalam kebun tebu.

"Jadi mobil tersebut isinya dua orang, mereka mengikuti petunjuk google maps. Tapi ternyata petunjuk arah tersebut membawa mereka ke jalan yang ujungnya buntu," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (12/06/2023).

Saat akan kembali, mobil tersebut terlanjur terjebak ke dalam lumpur. Beberapa kali digas, ternyata ban mengalami slip membuat mobil terhenti di tengah-tengah kebun tebu. Hal inilah yang membuat kedua penumpang mobil memutuskan berjalan kaki mencari pertolongan warga.

Amin menceritakan kembali jika setidaknya mereka melakukan evakuasi sepanjang 400 meter. Proses evakuasi berjalan dramatis karena kondisi medan berlumpur basah akibat sehari sebelumnya diguyur hujan. Sopir mobil google street juga ikut menancap gas agar meringankan beban warga. Hingga akhirnya mobil berhasil dievakuasi setelah 30 menit berjuang.

Baca Juga: 10 Potret Absurd dari Google Street View, Bisa Kocak Begini!

3. Warga juga heran kenapa bisa ada mobil google street yang nyasar ke dalam kebun tebu

Viral Mobil Google Street Nyasar di Kebun Tebu Malangilustrasi menandai lokasi di Google Maps (unsplash.com/Sebastian Hietsch)

Amin ketika dikonfirmasi juga bingung kenapa bisa ada mobil google street yang nyasar ke dalam kebun tebu. Ia menduga jika saat kejadian tidak ada orang yang memberitahu jika jalan tersebut buntu. Kondisi perkebunan juga sepi, lantaran biasanya jam 12 siang para petani sudah pulang.

"Soalnya warga sendiri tidak tahu kalau ada mobil google maps masuk ke ladang. Seandainya kita tahu sebelumnya, pasti akan diberitahu warga kalau jalan di situ buntu," tegasnya.

Pria asli Dusun Gumukmas ini juga mengungkapkan jika ini bukan pertama kali ada orang nyasar di kebun tebu di sana. Pada 2022 pernah ada mobil berplat Bogor yang disasarkan oleh google maps. Mobil tersebut adalah mobil yang mengangkut perabotan rumah tangga.

"Kalau dilihat di maps terlihat seperti ada jalan, tapi sebenarnya jalan buntu. Untungnya mobil yang pada 2022 lalu sempat ketemu warga, jadi tidak berakhir seperti mobil yang kemarin," pungkasnya.

Baca Juga: Aplikasi Penunjuk Jalan Saat Mudik, Bukan Cuma Google Maps Lho!

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya