Viral Keributan saat Nobar Timnas Indonesia Vs Vietnam di Malang

Diduga karena copet

Malang, IDN Times - Kerusuhan terjadi di kawasan warung kopi Jalan Gajah Mada, Kelurahan Kiduldalem, Kecamatan Klojen, Kota Malang atau di belakang Kantor Balai Kota Malang pada Selasa (26/3/2024) malam. Kerusuhan ini terjadi saat acara nonton bareng (nobar) pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan Timnas Vietnam.

Kejadian ini terekam jelas dan menjadi viral di Instagram setelah diposting akun @malangraya_info. Video ini telah ditonton sebanyak 235 ribu kali, mendapatkan 8.306 like, 723 komentar, dan 701 kali dibagikan.

1. Kronologi kerusuhan saat acara nobar Timnas Indonesia Vs Vietnam di Malang

Viral Keributan saat Nobar Timnas Indonesia Vs Vietnam di MalangKejadian kerusuhan saat nobar Timnas Indonesia Vs Vietnam di Malang. (Instagram/@malangraya_info)

Berdasarkan keterangan salah satu pemilik warung, kejadian ini terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Tiba-tiba terjadi gesekan antara kelompok pemuda yang sedang menonton pertandingan sepak bola antara Timnas Indonesia melawan Vietnam. Para pemuda ini kemudian melakukan aksi saling dorong hingga saling lempar kursi hingga meja.

Kejadian ini kemudian baru berakhir setelah pihak kepolisian dari Polsek Klojen datang. Mereka yang ditengarai sebagai provokator diamankan untuk dimintai keterangan.

Warga maupun pemilik warung sendiri tidak mengetahui pasti penyebab kerusuhan. Kejadian ini terjadi begitu saja, sehingga warga dan pemilik warung tidak ada yang berani melerai para pemuda ini.

Baca Juga: 59 Ribu Kendaraan Diprediksi Masuk Malang saat Mudik Lebaran

2. Polisi mengatakan jika penyebab kerusuhan ini adalah copet

Viral Keributan saat Nobar Timnas Indonesia Vs Vietnam di MalangIlustrasi Maling (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Klojen, Kompol Syabain Rahmad Kusriyanto mengungkapkan jika berdasarkan keterangan anggotanya yang datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), ternyata kerusuhan ini diakibatkan adanya copet. Ia mengungkapkan komplotan cipet sengaja membuat keributan untuk mengalihkan perhatian.

"Karena di situ itu kondisinya ramai, sedang banyak orang untuk nobar Timnas Indonesia, jadi copet ini melakukan pengalihan perhatian. Kejadiannya (kerusuhan) cepat, nggak ada 15 menit," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (27/3/2024).

Setelah menyulut kerusuhan, para copet ini beraksi dengan mengambil barang berharga seperti dompet hingga handphone. Hasilnya mereka berhasil mencuri barang korbannya dan pergi tanpa berhasil ditangkap satupun.

3. Polisi menampik adanya penonton yang mabuk saat kerusuhan

Viral Keributan saat Nobar Timnas Indonesia Vs Vietnam di MalangKejadian kerusuhan saat nobar Timnas Indonesia Vs Vietnam di Malang. (Instagram/@malangraya_info)

Ketika disinggung apakah ada penonton yang mabuk, Syabain meragukan hal tersebut, pasalnya tidak ada warung di belakang Kantor Balai Kota Malang yang menjual minuman keras. Dugaan copet ini diperkuat karena ada warga yang kehilangan smartphone jenis iPhone.

"Ada pengunjung yang merasa kehilangan handphone merek iPhone, tapi iPhone berapa nggak tahu. Korbannya sudah kami minta laporan ke polsek atau polres. Tapi sampai saat ini belum ada yang laporan di Polsek, mungkin ke polres nggak tahu juga," tandasnya.

Syabain menghimbau agar masyarakat yang kehilangan benda berharga saat kejadian semalam diminta untuk melapor. Sehingga mereka bisa memproses dan mengetahui ciri-ciri pelaku.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Dekat Exit Tol Lawang-Singosari Malang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya