Viral Kasatlantas Polres Malang Bergaya Hedon, Dipanggil Polda Jatim

Viral di Tiktok AKP Agnis memamerkan barang-barang mewah

Malang, IDN Times - Viral di media sosial Tiktok hingga Instagram dugaan gaya hidup newah alias hedon yang dibagikan Kasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita Manurung, di akun instagram pribadinya @agnisjm. Foto-foto tersebut viral setelah akun Tiktok @pejabatcurang membagikan video terkait foto-foto Agnis bersama beberapa barang mewah.

Video tersebut langsung mendapatkan respon dari netizen dan viral di internet. Setidaknya ada 394,4 ribu respon netizen, 9.573 like, 2.143 komentar, 2.749 kali di-share, dan 844 diarsipkan.

1. Barang-barang mewah yang dipamerkan AKP Agnis di media sosial

Viral Kasatlantas Polres Malang Bergaya Hedon, Dipanggil Polda JatimVideo Tiktok yang membongkar gaya hidup mewah AKP Agnis. (Tiktok/@pejabatcurang)

Akun @pejabatcurang membagi video dengan narasi awal bahwa gaji seorang polisi dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) adalah Rp2.909.100,- sampai Rp4.780.600,-. Kemudian ia juga menambahkan diksi bahwa AKP Agnis adalah yang memiliki Samsat dan SIM se-Kabupaten Malang.

Kemudian muncul foto AKP Agnis tengah bergaya dengan kacamata bersama 2 orang polisi. Disebut kalau kacamata tersebut bermerek Dior. Lalu dalam foto selanjutnya ada foto Agnis memakai gaun berwarna cream sedang menenteng tas berwarna merah, tas tersebut disebut bermerek Gucci Marmont seharga Rp18.458.640,-.

Selanjutnya ada foto agnis memakai kebaya berwarna ungu di tengah-tengah acara pesta diduga pesta pernikahan, ia terlihat menenteng tas berwarna cokelat yang diduga dan sepatu high heels cokelat. Disebut kalau tas tersebut bermerek Gucci Marmont Half Moon dengan harga Rp21.534.100,- dan sepatu Valentino seharga Rp19 juta.

Kemudian terlihat juga Agnis tengah berfoto bersama 3 orang wanita, ia berpakaian kasual dengan penampakan tas berwarna cokelat. Disebut kalau tas tersebut bermerek Louis Vuitton seharga Rp30 juta.

Foto Agnis terakhir adalah saat ia tengah berolahraga menaikkan sepeda, ia tampak bahagia dengan set sepeda lengkap dengan helmnya. Tapi yang disoroti adalah sepeda merek Specialized seharga Rp52.600.000,-.

Baca Juga: 2 Polisi Surabaya Disidang Propam Polda Jatim 

2. Klarifikasi kehidupan hedon AKP Agnis oleh Kapolres Malang

Viral Kasatlantas Polres Malang Bergaya Hedon, Dipanggil Polda JatimKapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana saat rilis akhir tahun di Mapolres Malang. (Humas Polres Malang)

Kapolres Malang, AKBP Putu Kholis Aryana membenarkan kalau foto-foto yang viral tersebut adalah foto anggotanya. Ia mengatakan kalau foto-foto tersebut adalah foto AKP Agnis dalam periode 2019 sampai 2021 yang telah dihapus. Tapi foto-foto tersebut dimasukkan ke dalam frame oleh pemilik akun Tiktok tersebut.

"Saya melihat sejauh ini upaya pembuktian yang dilakukan, kemudian penjelasan tentang barang yang bersangkutan. Saat ini sudah diverifikasi oleh Bidpropam Polda Jawa Timur," terangnya sata dikonfirmasi pada Senin (27/03/2023).

Kholis mengatakan jika video tersebut sudah viral sejak Jumat (24/03/2023). Agnis saat itu juga sudah melapor kepada Kapolres Malang, kemudian pada hari Sabtu dilakukan pemeriksaan dan klarifikasi di tingkat Polres Malang. Selanjutnya pada hari Minggu (26/03/2023) dan hari ini dilakukan verifikasi di tingkat Polda Jawa Timur.

3. Himbauan dari Kapolri agar anggotanya tidak hidup mewah dan memamerkan barang mahal

Viral Kasatlantas Polres Malang Bergaya Hedon, Dipanggil Polda JatimKasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita Manurung. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kalolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 24 Oktober 2022 sempat memberikan himbauan kepada anak buahnya agar tidak memamerkan kekayaan. Termasuk tidak memakai mobil mahal atau mengendarai motor gede (moge).

Begitupun Kapolres Malang juga menghimbau agar anggota Polres Malang agar lebih berhati-hati dalam bersosial media. Kemudian saat disinggung nasib AKP Agnis kedepannya, ia mengatakan menunggu hasil pemeriksaan Bidpropam Polda Jawa Timur.

"Kalau bicara terbukti atau tidak belum bisa saya sampaikan, karena upaya klarifikasi dan verifikasi masih berjalan. Nanti ada penyampaian dari Propam bahwa ini sudah sesuai bisa dipertanggungjawabkan atau tidak," pungkasnya.

Baca Juga: Viral! Gaya Hidup Mewah Istri Pejabat Kemensetneg Disorot Warganet

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya