Teriakan Prabowo di Konser Ganjar Malang, PDIP Duga Ada Sabotase

PDIP Kabupaten Malang melihat ada pengerahan massa pengacau

Malang, IDN Times - Viral di media sosial konser yang diadakan oleh Tim Relawan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di halaman luar Stadion Kanjuruhan Jalan Trunojoyo, Krajan, Kedungpedaringan, Kec. Kepanjen, Kabupaten Malang pada Sabtu (13/1/2024). Dalam konser tersebut, terlihat banyak penonton usil yang membuat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Malang gusar.

Bagaimana tidak, setiap Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto, meneriakkan 'Ganjar-Mahfud,' para penonton menyambut dengan teriakan 'Prabowo'. Para penonton bahkan menertawakan Didik dan mengacungkan dua jari yang merujuk pada nomor urut pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

1. PDIP Kabupaten Malang duga ada sabotase dalam konser NDX AKA di Malang

Teriakan Prabowo di Konser Ganjar Malang, PDIP Duga Ada SabotaseWakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Abdul Qodir. (Dok. DPC PDIP Kabupaten Malang)

Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang, Abdul Qodir membenarkan jika konser yang mereka laksanakan di Stadion Kanjuruhan berjalan kurang menyenangkan. Oleh karena itu, mereka langsung melakukan investigasi terkait kejadian tersebut.

"Melihat tayangan video yang diviralkan tersebut, kami langsung curiga, jadi kami langsung melakukan investigasi dengan menggali info kepada panitia penyelenggara. Karena saya yakin kejadian itu pasti by design hanya untuk pemenuhan konten kampanye video propaganda paslon yang kalah debat lalu dijawab dengan tangisan," terang pria yang akrab disapa Adheng ini pada Senin (15/1/2024).

Dari hasil penelusuran, Adheng melihat ada segelintir 'pengganggu' yang dikerahkan dalam konser yang diselenggarakan dari sore hingga malam hari ini. Sekelompok orang tersebut dikerahkan dan disebarkan di beberapa titik lokasi konser, dan meneriakkan nama Prabowo secara serentak agar terlihat jika seluruh penonton adalah pendukung Prabowo.

"Ada salah satu dari gerombolan pendukung itu yang tertangkap, saat diinterogasi dia mengaku sengaja dikerahkan dengan imbalan Rp500 ribu. Kami menyayangkan strategi kacangan seperti itu terus dimainkan," ujarnya.

Baca Juga: Projo Bahas Strategi Pemenangan Prabowo-Gibran di Markas TKD Jatim

2. Adheng bersyukur jika konser tetap berjalan lancar meskipun disusupi

Teriakan Prabowo di Konser Ganjar Malang, PDIP Duga Ada SabotaseKonser NDX AKA yang disponsori DPC PDIP Kabupaten Malang. (Tiktok/@marisasardika)

Meskipun disusupi beberapa oknum, Adheng tetap bersyukur karena konser tersebut berjalan lancar. Ia bersyukur tidak terjadi keributan antara oknum-oknum tersebut dengan pendukung Ganjar-Mahfud yang juga hadir. Ia yakin pendukung paslon nomor urut 3 ini sudah dewasa, sehingga bisa menanggapi kejadian ini dengan bijak.

"Bayangkan kalau pendukung Ganjar-Mahfud sikapnya kekanak-kanakan seperti pendukung mereka, yakin saya mereka akan banyak yang bonyok. Karena gerombolan yang hendak mengacau acara Sahabat Ganjar itu jumlahnya sedikit," bebernya.

Jadi, ia mengucap terima kasih kepada pendukung Ganjar-Mahfud karena bisa menahan diri. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat konser diadakan.

3. Adheng mengajak semua pihak berpolitik dengan bijak

Teriakan Prabowo di Konser Ganjar Malang, PDIP Duga Ada SabotaseKonser NDX AKA yang disponsori DPC PDIP Kabupaten Malang. (Tiktok/@honeybous)

Terakhir, Calon Legislatif (Caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Kabupaten Malang ini mengajak agar semua pihak berpolitik dengan etis. Menurutnya menyabotase acara paslon lain bukanlah perilaku yang bijak.

"Ayo berpolitik dengan dewasa dengan memberikan edukasi pada rakyat tentang ide, gagasan, program, pemilu damai, dan menyambutnya dengan riang gembira. Jangan hanya dijadikan slogan, tapi buktikan dengan tindakan, jangan korbankan rakyat kecil dengan tindakan adu domba hanya untuk penuhi ambisi kekuasaan," pungkasnya.

Baca Juga: Viral Penonton Konser Acara Ganjar di Malang Teriak Nama Prabowo

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya