Hujan Deras, Tembok Pagar Hotel Bintang 5 di Kota Batu Ambruk

Kejadian ini membuat satu desa terisolasi

Kota Batu, IDN Times - Hari ini Kota Batu diguyur hujan deras sejak siang hari sampai petang. Kondisi ini membuat sejumlah wilayah mengalami banjir hingga longsor.

Dilaporkan jika tembok pagar hotel bintang lima Singhasari Resort Jalan Ir Soekarno Nomor 120, Desa Beji, Kecamatan Batu, Kota Batu ambruk. Tembok setinggi 8 meter ini akhirnya menutup akses perkampungan di belakang hotel ini.

1. BPBD Kota Batu membenarkan jika tembok Singhasari Resort ambruk karena tergerus aliran air

Hujan Deras, Tembok Pagar Hotel Bintang 5 di Kota Batu AmbrukKondisi tembok pagar Singhasari Resort yang ambruk. (Dok. BPBD Kota Batu)

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu mengungkapkan jika tembok pagar Singhasari Resort memang ambruk. Tembok ini adalah pembatas antara wilayah hotel bintang lima dengan pemukiman warga yang ada di belakangnya atau di Jalan Damun, Desa Beji.

Agung mengatakan jika ambruknya tembok ini diakibatkan tanah pondasi tembok yang terkikis air. Sehingga tidak bisa menahan tembok yang memiliki tinggi 8 meter dan panjang 30 meter ini. Ketika ambruk, terlihat dari video yang beredar terdapat aliran air yang mengalir dari celah-celah retakan tanah.

"Kami mendapat laporan tembok inu ambruk sore tadi sekitar pukul 17.00 WIB. Perlu kami konfirmasi bahwa yang robot adalah tembok pagar, bukan tembok bangunan hotel," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (29/1/2024).

Baca Juga: Muncul Spanduk Tolak Kedatangan Gibran di Malang

2. Puing-puing material tembok membuat akses pemukiman warga terputus

Hujan Deras, Tembok Pagar Hotel Bintang 5 di Kota Batu AmbrukProses pembersihan tembok pagar Singhasari Resort yang ambruk. (Dok. BPBD Kota Batu)

Tidak hanya ambruk akibat curah hujan yang tinggi, kejadian ini juga membuat akses keluar masuk pemukiman warga di belakang Singhasari Resort terputus. Pasalnya material tembok menutup akses jalan.

"Material tembok menutup akses jalan utama warga. Akibat kejadian ini 2 rumah warga juga terdampak genangan air dari robohnya tembok," bebernya.

Untungnya saat kejadian tidak ada warga yang melintas di sekitar lokasi bencana. Sehingga tidak ada korban jiwa maupun korban luka akibat kejadian ini.

3. Akses jalan warga baru kembali bisa dibuka pada Senin malam

Hujan Deras, Tembok Pagar Hotel Bintang 5 di Kota Batu AmbrukProses pembersihan tembok pagar Singhasari Resort yang ambruk. (Dok. BPBD Kota Batu)

Setelah mendapatkan laporan ini, BPBB Kota Batu langsung terjun ke lokasi bencana untuk mengevakuasi puing-puing tembok. Mereka dibantu oleh Polri/TNI, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Batu, Dinas PUPR, petugas dari Singhasari Resort, dan warga.

Mereka juga mengerahkan alat berat berupa backhoe dan ekskavator ke lokasi kejadian. Sehingga akses jalan bisa dibuka kembali sekitar pukul 21.00 WIB.

"Kita telah melakukan pembersihan material longsor dan evakuasi pohon yang ikut tumbang. Sekarang akases jalan tersebut sudah bisa dilewati kembali," tandasnya.

Baca Juga: Forum Anak Surabaya Miris Kekerasan Kian Marak di Kota Pahlawan

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya