Sungai Meluap, Kota Batu Diterjang Banjir Bandang

Banjir bandang terjadi karena sungai tersumbat sampah

Batu, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur di Kota Batu sejak Jumat (8/12/2023) siang membuat Sungai Paron di Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu meluap. Hal ini membuat wilayah tersebut mengalami banjir bandang yang menerjang pemukiman warga.

Beredar video banjir bandang tersebut di media sosial. Terlihat air disertai material lumpur menerjang rumah warga. Para warga terlihat bertahan di rumahnya masing-masing meskipun ketinggian air mencapai lutut orang dewasa.

1. Warga menyampaikan jika luapan air terjadi karena Sungai Paron tersumbat sampah

Sungai Meluap, Kota Batu Diterjang Banjir BandangBanjir bandang yang terjadi di Desa Bumiaji, Kota Batu. (IDN Times/istimewa)

Salah satu warga bernama Dimas (30) mengatakan jika banjir bandang terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Hujan yang terjadi selama hampir 2 jam membuat air Sungai Paron meluap. Hal ini diperparah dengan aliran sungai yang tersumbat sampah sehingga air kian deras memasuki pemukiman warga.

"Ya benar, saluran air di Sungai Paron meluap karena tersumbat kotoran sampah. Sehingga meluap ke jalan dan rumah warga," terangnya.

Banjir ini menurut Dimas membuat lalu lintas di Desa Bumiaji mengalami kemacetan cukup parah. Pasalnya pengendara tidak ada yang berani melintas karena takut terseret arus air yang sangat deras.

Baca Juga: Mal hingga Perumahan Mewah di Malang Terendam Banjir

2. BPBD Kota Batu kerahkan ekskavator untuk keruk material sampah di Sungai Paron

Sungai Meluap, Kota Batu Diterjang Banjir BandangBanjir bandang yang terjadi di Desa Bumiaji, Kota Batu. (IDN Times/istimewa)

Kepala Divisi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Doddy Faturrachman mengatasnamakan jika hujan terjadi sejak pukul 13.30 WIB. Tapi yang menjadi faktor utama sungai meluap adalah tumpukan material sampai yang menghambat aliran air. Oleh karena itu, tumpukan sampah dan kayu diangkat menggunakan ekskavator agar Sungai Paron kembali lancar.

"Kita lakukan pembersihan pada DAM dari material sampah. Karena akibat sampah ini air meluap hingga ke Jalan Beru," bebernya.

Setelah dilakukan pembersihan pada Sungai Paron, debit air yang masuk ke pemukiman warga mulai surut. Tersisa sampah lumpur yang masuk ke pemukiman warga kini secara swadaya dibersihkan.

3. BPBD Kota Batu melaporkan tidak ada korban jiwa pada bencana ini

Sungai Meluap, Kota Batu Diterjang Banjir BandangBanjir bandang yang terjadi di Desa Bumiaji, Kota Batu. (IDN Times/istimewa)

Lebih lanjut, Doddy melaporkan jika tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, ia belum bisa memastikan kerugian material akibat bencana ini.

"Banjir di Bumiaji saat ini sudah surut, tapi kami masih melakukan pembersihan material. Kami belum bisa memastikan kerugian materiil berapa," tandasnya.

Meskipun telah surut, Doddy memperingatkan warga dan pengendara di sekitar Bumiaji agar berhati-hati. Pasalnya material lumpur di jalan membuat aspal licin dan rawan terjadi kecelakaan.

Baca Juga: Pemkot Batu Gelar Batu Shining Orchid Week 2023

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya