Sudah Setengah Perjalanan, Aksi Gowes Midun Disambut Suporter

Midun disambut para suporter di berbagai kota di Indonesia

Malang, IDN Times - Aksi gowes dari Malang ke Jakarta untuk menuntut keadilan Tragedi Kanjuruhan yang dilakukan Miftahudin Ramli (53) alias Midun warga Jalan Darsono Barat, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu telah mencapai setengah perjalanan. Ia telah melalui 10 kota di Indonesia mulai dari Malang, Sidoarjo, Surabaya, Gresik, Lamongan, Tuban, Rembang, Rembang, Pati, Kudus, dan saat ini berada di Demak.

Dalam perjalanannya, ternyata seluruh suporter di Indonesia setia mengawal Midun. Secara estafet, mereka menyambut kedatangan Midun di kotanya masing-masing karena salur dengan perjuangan pria 53 tahun ini yang menyuarakan kedamaian antar suporter.

1. Midun mengaku mendapatkan banyak respon positif dari para suporter di Indonesia

Sudah Setengah Perjalanan, Aksi Gowes Midun Disambut SuporterMidun saat tiba di Pati. (Twitter/mlgcollective)

Selama perjalanannya, Midun mengaku tidak pernah sendirian. Ia selalu disambut setiap elemen suporter sepakbola di setiap kota yang ia singgahi. Ia bahkan selalu dijamu dengan baik dan diberikan tempat untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

"Ini di luar dugaan saya (mendapat sambutan). Kita bersama-sama mendukung perdamaian antar suporter dan menuntut kejelasan kasus Tragedi Kanjuruhan," terangnya saat dikonfirmasi melalui telepon pada Selasa (08/08/2023).

Ia mengatakan kalau salah satu misinya untuk mewujudkan perdamaian atar para suporter di Indonesia mulai terlihat wujudnya. Ini menambah motivasinya untuk mengayuh sepeda kerandanya hingga Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta.

"Misi saya untuk perdamaian suporter akhirnya terwujud. Pasalnya banyak suporter yang menyambut baik hajat saya ini," tegasnya.

Baca Juga: ASN Malang Gowes Suarakan Kanjuruhan Disambut Hangat Bonek

2. Aremania Kampus bangga dengan perjuangan Midun

Sudah Setengah Perjalanan, Aksi Gowes Midun Disambut SuporterMidun saat memulai ekspedisi Malang-Jakarta. (Twitter/mlgcollective)

Perwakilan Forum Arema Kampus, Yoga Barjog mengatakan kalau dirinya sangat bangga dengan Midun. Pasalnya Modun berhasil menunjukkan kalau suporter di Indonesia memiliki harapan untuk saling bersatu. Buktinya mereka bahu membahu mengawal Midun sampai sejauh ini.

"Saya menyampaikan respect pada teman-teman suporter yang sudah mengawal Pak Midun sejauh ini. Pak Midun bahkan dijamu dengan baik mulai dari disediakan makanan, tempat menginap, hingga reparasi sepeda," bebernya.

Ia sangat mengapresiasi dukungan elemen suporter Indonesia yang mendukung aksi kemanusiaan ini. Ia berharap ini menjadi awal kebangkitan persatuan antar suporter di Indonesia.

3. Perjalanan Midun telah menyentuh kilometer ke-443

Sudah Setengah Perjalanan, Aksi Gowes Midun Disambut SuporterMidun saat tiba mengayuh sepeda di Lawang. (Twitter/mlgcollective)

Saat ini, Midun mulai melakukan perjalanan kembali ke Demak, ia akan singgah di Stadion Pancasila. Di sana ia akan menyambangi elemen suporter PSDB Demak dan menyuarakan pesan perdamaian. Artinya sejauh ini Midun telah menempuh jarak sekitar 443Km atau telah setengah perjalanan.

"Katanya nanti di sana saya akan disambut elemen suporter di Semarang. Sejak kemarin saya sudah disambut oleh Bonek, Bobotoh, Deltamania, LA Mania, sampai SNEX," ujar Midun.

Ia mengaku tidak menyangka bisa sejauh ini, rasa letih yang ia rasakan hilang ketika disambung oleh para suporter dari berbagai kota. Menurutnya persatuan seluruh suporter di Indonesia ternyata bukan hal yang mustahil.

Baca Juga: Gowes Malang-Jakarta untuk Kanjuruhan, Midun Ngaku Sempat Dihalangi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya