Sejumlah TPS di Kabupaten Malang Kekurangan Surat Suara

Kok bisa, nih? #GenZMemilih

Malang, IDN Times - Kekurangan surat suara ternyata juga ditemukan di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Malang. Temuan ini disampaikan langsung oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Malang pada Rabu (14/2/2024).

Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Humas Bawaslu Kabupaten Malang, Muhamad Hazairin mengatakan jika beberapa TPS yang mengalami kekurangan surat suara diantara ada di Kecamatan Tirtoyudo, Kecamatan Turen, Kecamatan Tajinan, sampai Kecamatan Pagak. Kebanyakan kekurangan surat suara ini tidak signifikan, hanya 1-5 surat suara kurang.

Namun, beberapa TPS juga mengalami kekurangan hingga ratusan surat suara, contohnya di TPS 10 Desa Sumberkerto, Kecamatan Pagak. Di sana terdapat kekurangan suarat suara mencapai 267 surat suara untuk calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Selain surat suara untuk capres dan cawapres, kekurangan surat suara juga terjadi untuk pemilihan calon legislatif. Namun ternyata beberapa surat suara celeg ini terselip atau lupa dibawa oleh panitia KPPS.

Akibat dari kejadian ini, sejumlah TPS harus menghentikan proses pemungutan suara karena tidak ada surat suara. Mereka menghentikan sampai ada solusi dari KPU Kabupaten Malang.

"Proses pemungutan suara ditahan dulu, berhenti, tidak boleh jalan dulu. Menunggu solusi terlebih dahulu dari pihak KPU," jelasnya.

Walaupun ditemukan terjadi kekurangan surat suara untuk capres dan cawapres, masalah tersebut segera teratasi. Caranya dengan mengambil kelebihan surat suara yang ada disekitar TPS tersebut.

"Solusinya diambilkan surat suara dari tempat lain atau TPS terdekat yang terdapat surat suara lebih. Misalnya di Pagak ada kekurangan 267, tapi ternyata di TPS desa lain ada kelebihan 101, terus juga ada yang diambilkan ke TPS terdekat lainnya," tandasnya.

Hazairin mengatasi belum melakukan kalkulasi terkait jumlah TPS yang mengalami kekurangan surat suara. Pasalnya pihaknya baru akan melakukan kalkulasi sore ini. Pihak Bawaslu Kabupaten Malang masih mendata TPS-TPS ini.

Baca Juga: Kekurangan Surat Suara di TPS Kota Malang Akhirnya Terpenuhi

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya