Satlantas Polresta Malang Kota Siapkan 3 Jalur Alternatif untuk Mudik

Warga Malang wajib hindari titik-titik rawan kemacetan ini

Malang, IDN Times - Setiap tahun Kota Malang menjadi kota tujuan pemudik dari berbagai wilayah di Indonesia. Tidak hanya pemudik, wisatawan juga membanjiri Kota Malang untuk menghabiskan waktu libur lebaran.

Lebaran tahun 2024 juga dipastikan akan menjadi hari-hari yang sibuk bagi Kota Malang. Tahun ini juga diprediksi kepadatan kendaraan yang masuk ke Kota Malang akan meningkat kembali. Polresta Malang Kota pun menyiapkan tiga alternatif jalur untuk para pemudik.

1. Satlantas Polresta Malang Kota memprediksi arus mudik dimulai pada awal April 2024

Satlantas Polresta Malang Kota Siapkan 3 Jalur Alternatif untuk MudikIlustrasi kemacetan di jalan raya (pexels.com/Mikechie Esparagoza)

Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Aristianto Budi Sutrisno mengungkap jika arus mudik di Kota Malang akan dimulai sejak 1 April 2024. Oleh karena itu, pihaknya akan melaksanakan Operasi Ketupat Semeru 2024 sejak tanggal tersebut.

"Kami menginformasikan bahwa sebentar lagi akan ada peningkatan volume kendaraan karena arus mudik dan arus balik. Apalagi Kota Malang merupakan lintasan destinasi wisatawan. Karena destinasi wisata terbanyak ada di Kota Batu," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (29/3/2024).

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Aris ini berharap masyarakat bisa mengikuti setiap peraturan lalu lintas. Sehingga arahan rekayasa lalu lintas jelang lebaran bisa diikuti para pengguna jalan dengan baik.

2. Satlantas Polresta Malang Kota siapkan 3 jalur alternatif untuk pemudik

Satlantas Polresta Malang Kota Siapkan 3 Jalur Alternatif untuk MudikKondisi lalu lintas di Karanglo yang padat. (Dok Humas Polres Malang)

Aris mengatakan jika setiap tahunnya konsentrasi kemacetan saat arus mudik dan arus balik terjadi di simpang 4 Karanglo. Sehingga kepadatan kendaraan di titik ini haris dikurangi. Oleh karena itu, Satlantas Polresta Malang Kota mempersiapkan 3 jalur alternatif bagi para pemudik.

Alternatif pertama dengan membuat pengalihan arus kendaraan dari Karanglo menuju barat (Kota Batu) akan dialihkan ke selatan (Kota Malang). Kemudian, Satlantas Polresta Malang Kota akan menerima arus di sana.

"Dan apabila masih terjadi kepadatan maka kita akan gunakan alternatif kedua. Caranya dengan kita tutup exit tol Singosari untuk kami arahkan ke exit tol Pakis dan juga ke arah Bandara Abd Saleh," bebernya.

Sementara alternatif ketiga dengan mengarah arus dari exit tol Pakis ke exit tol Madyopuro. Di sana Satlantas Polresta Malang Kota telah mendirikan pos pengamanan di Madyopuro yang akan mengarahkan para pemudik ke Kota Batu.

3. Satlantas Polresta Malang Kota mengatakan jika seluruh arus kendaraan akan bertemu di MCC Kota Malang

Satlantas Polresta Malang Kota Siapkan 3 Jalur Alternatif untuk MudikGedung Malang Creative Center (MCC). (Dok. Humas Pemkot Malang)

Warga Kota Malang tampaknya harus menghindari wilayah Malang Creative Center (MCC) yang ada di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Blimbing, Kecamatan Blimbing. Pasalnya wilayah ini akan menjadi titik pertemuan ketiga arus alternatif yang diarahkan Satlantas Polres Malang. Artinya akan ada konsentrasi kendaraan yang cukup padat di sana saat musim mudik lebaran.

"Dari semua alternatif ini, nantinya akan tetap diterima lintasan arus tersebut untuk melintasi MCC di Kota Malang. Dan di MCC tersebut kita akan mendirikan pos pengamanan untuk memberikan rasa aman pada para pemudik," tandasnya.

Aris menyampaikan jika pihaknya akan mendirikan 3 Pos Pengamanan di MCC, Madyopuro, dan Jembatan Universitas Brawijaya (UB). Kemudian ada 1 Pos Pelayanan yang dibangun di Stasiun Kota Malang.

Baca Juga: Cara Melihat Kemacetan di Maps, Perjalanan Mudik Jadi Nyaman

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya