Sanusi di Kabupaten Malang, Didik Gatot Bakal Maju Wali Kota Batu

Didik percaya diri menang di Kota Batu

Batu, IDN Times - Warga Kabupaten Malang tampaknya tidak akan melihat pasangan Muhammad Sanusi dan Didik Gatot Subroto kembali dalam Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub) Malang 2024. Pasalnya kedua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan ditugas menjadi kepala daerah di 2 wilayah berbeda.

Sanusi sudah dipastikan akan kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Malang. Sementara Didik akan maju sebagai Calon Wali Kota Batu.

1. Didik siap mencalonkan diri sebagai Calon Wali Kota Batu

Sanusi di Kabupaten Malang, Didik Gatot Bakal Maju Wali Kota BatuWakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto. (Instagram/@prokopimkabmalang)

Wakil Bupati Malang sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Malang, Didik Gatot Subroto memang santer dikabarkan akan maju sebagai Calon Wali Kota Batu. Hal ini setelah Dewanti Rumpoko memilih tidak lagi mencalonkan diri sebagai Wali Kota Batu meskipun ia baru menjabat 1 periode saja.

"Saya siap melaksanakan tugas kalau mendapatkan penugasan di Kota Batu. Harus siap kalau dari pimpinan partai memberi tugas di Kota Batu," terangnya saat dikonfirmasi pada Jumat (19/4/2024).

Didik memang sedikit malu-malu mengaku akan maju sebagai Wali Kota Batu. Tapi ia adalah calon paling kuat yang bisa diusung PDIP di Kota Batu saat ini.

Baca Juga: Nama Sanusi Kembali Muncul di Bursa Pilbub Malang

2. Didik mengaku belum mau bocorkan nama Calon Wakil Wali Kota Batu

Sanusi di Kabupaten Malang, Didik Gatot Bakal Maju Wali Kota BatuKetua DPC PDIP Kota Batu, Punjul Santoso. (IDN Times/ Alfi Ramadana)

Ketika disinggung terkait Calon Wakil Wali Kota Batu yang akan mendampingi dirinya, Didik mengaku belum bisa mengatakansiapa kandidatnya. Menurutnya masih ada waktu sekitar 6 bulan sebelum Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Batu 2024, jadi ia masih santai dan tak terburu-buru memilih kandidat.

"Kalau pembicaraan (Calon Wakil Wali Kota Batu) sudah ada, tapi belum bisa disampaikan saja. Insyaallah sudah kami siapkan," bebernya.

Meskipun demikian, ada nama Punjul Santoso yang merupakan Ketua DPC PDIP Kota Batu. Punjul sendiri merupakan Wakil Wali Kota Batu sejak era Eddy Rumpoko dan Dewanti Rumpoko, jadi tidak mengherankan jika Punjul akan kembali dicalonkan jadi Wakil Wali Kota Batu lagi

3. Didik akan pikirkan koalisi secara matang

Sanusi di Kabupaten Malang, Didik Gatot Bakal Maju Wali Kota BatuIlustrasi Bendera Partai Politik. (IDN Times/Istimewa)

Meskipun Kota Batu merupakan salah satu basis suara PDIP di Kota Batu, Didik tidak boleh jumawa. PDIP memang menguasai Kota Batu sejak menjadi wilayah otonomi yang terpisah dari Kabupaten Malang pada 2001, tapi Didik praktis tidak memiliki riwayat politik di Kota Apel ini.

Oleh karena itu, Didik mengatakan dirinya sangat teliti dalam menyusun koalisi dalam Pilwali Batu 2024. Ia tidak menyebutkan secara spesifik partai-partai apa saja yang akan digandengnya.

"Teman-teman di Kota Batu sekarang tentu sedang melakukan konsolidasi dengan partai-partai lain. Saya sendiri membuka ruang untuk semua partai untuk menjadi koalisi," pungkasnya.

Baca Juga: Pipa PDAM Jebol, Ribuan Rumah di Kota Malang Kesulitan Air Bersih

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya