Ratusan Calon Maba UB Mengundurkan Diri, Kok Bisa?

Mereka yang mundur disebabkan tidak melakukan daftar ulang

Malang, IDN Times - Media sosial Twitter dihebohkan dengan postingan @sbmptnfess yang mengungkapkan kalau beberapa calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) mengundurkan diri. Bukan satu atau dua maba, tapi ratusan maba yang memutuskan urung berkuliah di kampus biru ini.

Hal ini pun menjadi pertanyaan warganet. Maklum, UB adalah salah satu kampus unggulan di Indonesia. Humas UB pun akhirnya menjawab fenomena ini.

1. UB mengungkapkan kalau sebanyak 514 calon maba mengundurkan diri

Ratusan Calon Maba UB Mengundurkan Diri, Kok Bisa?Ilustrasi mahasiswa UB. (Dok. Humas UB)

Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas dan Kearsipan UB, Kotok Guritno mengungkapkan kalau sebanyak 514 calon mahasiswa baru yang mengundurkan diri pada 2023. Mereka yang dinyatakan lolos seleksi jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) tidak melakukan daftar ulang.

"Kami menjelaskan kalau kebijakan UB menyatakan kalau jika tidak melakukan daftar ulang dianggap mundur. Jadi itu penyebab terlihat banyak yang dianggap mengundurkan diri," terangnya saat dikonfirmasi pada Rabu (26/07/2023).

Kotok menjelaskan jika calon maba yang tidak melanjutkan daftar ulang, akan langsung dianggap mengundurkan diri.

2. Kotok menjelaskan rincian mahasiswa yang lolos jalur SNBP dan SNBT tapi justru mengundurkan diri

Ratusan Calon Maba UB Mengundurkan Diri, Kok Bisa?Pelaksanaan UTBK 2023 di Universitas Brawijaya. (Humas UB)

Kotok sebelumnya menjelaskan kalau pada 2023 sebanyak 514 calon maba UB mengundurkan diri. Dari jumlah tersebut sebanyak 83 calon maba UB yang mundur dari jalur SNBP. Sementara 430 calon maba UB yang mundur dari jalur SNBT.

"Sepengetahuan kami mereka yang mengundurkan diri adalah karena diterima di kampus lain. Bisa juga karena lolos seleksi di perguruan tinggi kedinasan," jelasnya.

Ia mengungkapkan UB tidak merisaukan mereka yang mengundurkan diri untuk berkuliah di kampus lain. Pasalnya jumlah mahasiswa yang memilih untuk lanjut berkuliah di UB jauh lebih banyak. UB sendiri menerima 5.497 mahasiswa baru dari jalur SNBP dan 5.734 mahasiswa baru dari SNBT. Jumlah ini belum ditambah dengan calon mahasiswa baru dari seleksi jalur mandiri yang masih berlangsung.

Baca Juga: 5 Toko Buket Bunga di Sekitar Universitas Brawijaya Malang 

3. Kuota calon mahasiswa baru UB yang mengundurkan diri akan dialihkan kepada jalur mandiri

Ratusan Calon Maba UB Mengundurkan Diri, Kok Bisa?Ilustrasi mahasiswa UB. (Dok. Humas UB)

Kotok menjelaskan kalau fenomena mahasiswa mengundurkan diri dengan tidak melakukan daftar ulang selalu berulang tiap tahunnya. Oleh karena itu, kuota sebanyak 514 kursi ini akan dialihkan kepada seleksi jalur mandiri UB. Menambah peluang bagi mereka yang berusaha masuk UB lewat jalur mandiri.

"Orang-orang yang tidak melakukan pemberkasan untuk daftar ulang selalu ada, sehingga dianggap mundur. Jadi selanjutnya kuota mereka akan dialihkan ke pendaftaran jalur berikutnya atau mandiri. Yang mana merupakan jalur terakhir pendaftaran mahasiswa baru," tandasnya.

Oleh karena itu, ia berharap mereka yang gagal lolos SNBP dan SNBP merasa putus asa. Pasalnya, masih ada jalur seleksi mandiri untuk masuk ke UB.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Daerah Kosan di Sekitar Kampus Universitas Brawijaya

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya