PT Waskita Karya Jelaskan Pembongkaran Gate 13 Stadion Kanjuruhan

Gate 13 dibongkar untuk penguatan fondasi

Malang, IDN Times - Pembongkaran Gate 13 Stadion Kanjuruhan membuat Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan meradang. Mereka menuntut bangunan yang jadi saksi bisu Tragedi Kanjuruhan yang memakan 135 jiwa ini dikembalikan ke bentuk semula. Jika tidak, mereka siap menduduki Gate 13 yang saat ini ditutup untuk konstruksi tersebut.

1. PT Waskita Karya menyebut pembongkaran ini untuk memperkuat fondasi bangunan

PT Waskita Karya Jelaskan Pembongkaran Gate 13 Stadion KanjuruhanKondisi terkini Gate 13 Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dimas Septian Permana selaku Site Engineering Manager PT Waskita Karya mengatakan jika pembongkaran ini diperlukan untuk memperkuat fondasi bangunan. Penguatan yang dimaksud adalah dengan memperbesar struktur bangunan fondasi sehingga keamanan bangunan semakin terjamin.

"Kita melakukan pembesaran itu otomatis elemen dinding itu harus dihilangkan dulu. Kalau tidak dihilangkan atau dipaksa dipertahankan, kita akan malah beresiko dan malah tetap ambruk jatuhnya. Karena kolom diperkuat berarti kan dicoak kanan kirinya, kalau perkuat balok dicoak atasnya. Kalau perkuat fondasi kan otomatis coak kan muter, otomatis kan ujung-ujungnya bakal tetap hilang dinding itu," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (23/7/2024).

Dimas mengatakan tidak ada cara lain selain membongkar dinding untuk memperkuat fondasi bangunan. Sementara lantai bangunan tidak diubah, karena yang perlu dibongkar adalah temboknya. Kemudian ia mengatakan jika tangga dan toilet di Gate 13 masih dipertahankan.

"Perisapan pembongkaran sudah setengah bulan setelah ada sosialisasi di polres. Kemudian kemarin acara doa bersama, kemudian satu Minggu ini kita mulai," bebernya.

Baca Juga: Gate 13 Stadion Kanjuruhan Dibongkar, Keluarga Korban Marah! 

2. Jika tembok Gate 13 tidak dibongkar, dikhawatirkan akan memengaruhi bangunan lainnya

PT Waskita Karya Jelaskan Pembongkaran Gate 13 Stadion KanjuruhanKondisi terkini Gate 13 Stadion Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dimas menegaskan jika penguatan struktur bangunan fondasi ini diperlukan agar tidak berpengaruh pada bangunan di sekitarnya. Sehingga mau tidak mau harus dilakukan pembongkaran. 

"Kita masih memenuhi upaya-upaya yaitu mengembalikan kondisi pintunya itu pintu gate sama rolling door, kita upayakan bisa berdiri dulu, untuk meredam konflik tadi," ujarnya.

3. PT Waskita Karya akan berdialog dengan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan

PT Waskita Karya Jelaskan Pembongkaran Gate 13 Stadion KanjuruhanDoa bersama untuk peringatan 1,5 tahun Tragedi Kanjuruhan. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

PT Waskita Karya akan menjadwalkan dialog dan mediasi dengan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan dalam waktu dekat. Mereka tidak ingin ada konflik dengan keluarga korban, sehingga mereka akan menjelaskan secara detail kenapa tembok Gakte 13 dibongkar.

"Sementara untuk musuem itu desainnya belum dapat dari perencana, tapi untuk update saat ini Gate 13 sesuai permintaan terakhir dikembalikan seperti semula. Itu nanti kita upayakan seperti itu dulu sembari menunggu desain fiksnya itu sendiri kita nggak dari kita, tapi dari perencana kemudian diobrolkan ke keluarga korban. Jadi itu juga atas persetujuan bersama," pungkasnya.

Baca Juga: Gate 13 akan Jadi Lokasi Sakral di Stadion Kanjuruhan Baru

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya