PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA ke Malang Terhambat Banjir Semarang

Keterlambatan kereta api mencapai 3 jam

Malang, IDN Times - Penumpang Kereta Api (KA) di Malang tampaknya harus bersabar, pasalnya PT KAI Daop 8 Surabaya mengumumkan terjadi keterlambatan di sejumlah stasiun di Kota Malang dan Kabupaten Malang. Ini dikarenakan pada Kamis (14/3/2024) terjadi banjir di wilayah Daop 4 Semarang.

PT KAI Daop 8 mengatakan akibat banjir di Semarang, membuat 3 rangkaian kereta api di Semarang menuju Malang terhambat. Oleh karena itu PT KAI meminta maaf pada para penumpang akibat keterlambatan ini.

1. PT KAI Daop 8 melaporkan jika KA Jayabaya dan KA Majapahit mengalami keterlambatan hingga 3 jam

PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA ke Malang Terhambat Banjir SemarangPara pengguna kereta api yang akan berangkat dari Stasiun Malang. (Dok. KAI Daop 8 Surabaya)

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengungkapkan terdapat 2 KA jarak jauh dengan tujuan Malang mengalami keterlambatan akibat banjir di Semarang. Keduanya adalah KA Jayabaya dan KA Majapahit. Karena banjir membuat PT KAI harus mengubah pola operasi kedua kereta api ini.

"Keterlambatan kedatangan KA tersebut lebih kurang 2-3 jam dari jadwal yang seharusnya. Akibat bank, jadwal keberangkatan kereta api harus diubah," terang Luqman saat dikonfirmasi pada Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Dampak Banjir di Semarang, 4 Jadwal KA Dari Solo dan Dibatalkan

2. PT KAI berupaya memperbaiki jalur yang tergenang air agar kereta api beroperasi secara normal kembali

PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA ke Malang Terhambat Banjir SemarangPenumpang kereta api di Malang mulai melepas maskernya. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Luqman menyampaikan jika pihaknya telah mengerahkan peralatan dan material yang diperlukan serta ratusan petugas untuk normalisasi dan memperbaiki jalur KA akibat banjir tersebut. Upaya ini agar kereta api bisa kembali beroperasi normal kembali.

Selain itu, penumpang KA yang terdampak keterlambatan diberikan makanan ringan hingga berat, dan minuman tergantung waktu keterlambatannya. Sehingga penumpang tidak merasa kelaparan selama berada di dalam gerbong.

"Service recovery yang diberikan kepada penumpang yang terdampak berupa minuman, makanan ringan, hingga makanan berat. Ini sebagai kompensasi akibat keterlambatan ini," bebernya.

3. PT KAI meminta maaf atas keterlambatan kereta api hari ini

PT KAI Minta Maaf Perjalanan KA ke Malang Terhambat Banjir SemarangPara pengguna kereta api yang akan berangkat dari Stasiun Malang. (Dok. KAI Daop 8 Surabaya)

Lebih lanjut, Luqman menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan atas terganggunya perjalanan dan kelambatan kedatangan KA. Ia menyampaikan ini adalah insiden uang tidak disengaja akibat pengalihan perjalanan KA imbas banjir di wilayah Daop 4 Semarang.

"Sampai dengan saat ini, KAI telah melakukan berbagai upaya untuk normalisasi jalur KA di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng," pungkasnya.

Baca Juga: KAI Janji Kembalikan Uang Tiket 100 Persen Buat Penumpang KA Semarang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya