Polisi Periksa 4 Orang, Diduga Pelaku Bentrokan saat Sambut Maba UB

Polisi identifikasi pelaku bentrokan lain melalui video viral

Malang, IDN Times - Bentrok antar mahasiswa saat kegiatan Sambut Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Brawijaya (UB) 2023 oleh Organisasi Mahasiswa Eksternal Kampus (ORMEK) kini telah ditangani oleh Satreskrim Polresta Malang Kota. Beberapa orang telah diperiksa, mereka diduga pelaku dalam aksi yang berujung kekerasan ini.

Bukti-bukti juga tengah dikumpulkan seperti video rekaman pengeroyokan pada salah satu mahasiswa UB. Ini dilakukan untuk melacak siapa saja mahasiswa yang terlibat dalam aksi tersebut.

1. Sebanyak 4 orang diduga terlibat aksi kekerasan telah dimintai keterangan oleh polisi

Polisi Periksa 4 Orang, Diduga Pelaku Bentrokan saat Sambut Maba UBPlh Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Plh Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto mengungkapkan kalau pihaknya kini tengah melakukan penyelidikan terkait laporan yang diajukan oleh Aliansi Cipayung UB ini. Pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan pada beberapa orang yang diduga terlibat dalam aksi kekerasan ini yang terjadi di depan Gerbang UB Jalan Veteran, Kota Malang pada Rabu (16/8/2023).

"Saat ini kita telah melakukan pemeriksaan pada 4 orang. Kita masih dalami apa saja peran mereka dalam kejadian ini," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (22/8/2023).

Danang juga enggan membeberkan identitas keempat orang tersebut. Menurutnya saat ini kasus ini masih dalam penyelidikan, sehingga diperlukan kehati-hatian. Keempat orang tersebut statusnya juga belum ditetapkan sebagai tersangka.

Baca Juga: Penyambutan Maba UB Bentrok, Sejumlah Orang Dilaporkan ke Polisi

2. Berbekal video bentrokan, polisi masih mendalami kasus bentrokan antar mahasiswa UB

Polisi Periksa 4 Orang, Diduga Pelaku Bentrokan saat Sambut Maba UBBentrokan saat sambut Maba UB 2023. (IDN Times/istimewa)

Danang menjelaskan jika pihaknya saat ini tengah mengumpulkan keterangan dan bukti-bukti yang mengarah pada tindak kekerasan. Salah satu yang jadi pedoman penyelidikan ini adalah video bentrokan antar mahasiswa di depan Gerbang UB Jalan Veteran.

"Saat ini kita sudah memegang video tersebut. Jadi kami juga mendalami siapa saja yang terlibat dalam bentrokan tersebut," bebernya.

Video bentrokan antar mahasiswa UB ini sebenarnya sudah tersebar di media sosial. Dalam video tersebut terlihat beberapa mahasiswa mengeroyok seorang mahasiswa hingga tersungkur di depan pagar Gerbang UB Jalan Veteran yang berwarna hitam. Tampak jelas wajah-wajah orang yang melakukan pemukulan hingga injakan, mereka rata-rata menggunakan atribut serba hitam.

3. Masih ada kemungkinan lebih banyak orang yang diamankan oleh Satreskrim Polresta Malang Kota

Polisi Periksa 4 Orang, Diduga Pelaku Bentrokan saat Sambut Maba UBPlh Kasatreskrim Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Danang mengungkapkan jika saat ini pihaknya terus melakukan pendalaman atas kasus ini. Ia juga mengumpulkan keterangan dari korban dan saksi-saksi yang ada di lokasi kejadian. Ia juga tidak memungkiri jika akan ada kebih banyak orang yang diamankan.

Hal ini setelah melihat hasil rekaman video yang memperlihatkan lebih dari 4 orang yang melakukan kekerasan. Namun, polisi masih mengidentifikasi wajah-wajah orang yang melakukan aksi brutal tersebut.

"Saat ini proses penyelidikan masih berjalan. Kami akan teris melakukan pendalaman kasus ini dan mengidentifikasi siapa saja yang terlibat melalui video tersebut," pungkasnya.

Baca Juga: Erick Thohir Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Brawijaya

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya