Pipa PDAM Jebol, Ribuan Rumah di Kota Malang Kesulitan Air Bersih

Pipa jebol sempat buat mobil terperosok ke lubang

Malang, IDN Times - Ribuan rumah di Kota Malang mengalami kelangkaan air bersih sejak Jumat (19/4/2024) pagi. Ini dikarenakan pipa milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Perumda Tugu Tirta yang berada di Jalan Ranugrati, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Warga mengeluh di media sosial karena tidak bisa menggunakan air dari PDAM sejak subuh. Bahkan beberapa harus mengungsi ke rumah saudara untuk sekedar mandi dan mencuci pakaian.

1. Pipa bocor membuat tanah ambles dan mobil di atasnya hampir terperosok

Pipa PDAM Jebol, Ribuan Rumah di Kota Malang Kesulitan Air BersihKondisi lubang akibat pipa PDAM Bocor di Jalan Ranugrati Kota Malang. (DOK. Dishub Kota Malang)

Asisten Manajer Perbaikan Kebocoran dan Rekondisi Perumda Tugu Tirta, Dalmuji mengatakan jika terjadi kebocoran pipa PDAM akibat sambungan yang lepas di Jalan Ranugrati sejak pukul 03.00 WIB pagi tadi. Tekanan air yang besar membuat tanah di atasnya ambles, hal ini membuat sebuah mobil yang melintas terperosok ke dalam lubang yang terbentuk.

"Jadi saat ada mobil lewat membuat dia terperosok (ke dalam lubang). Sebenarnya awalnya lubangnya kecil, tapi lama-lama membesar sehingga mobilnya tidak bisa jalan. Kemudian tanahnya naik semua habis, dalam sekitar 1 meter lebih itu kosong," terangnya.

Mobil yang sempat terperosok ini akhirnya berhasil dievakuasi pada pukul 06.00 WIB. Mobil ini dievakuasi dengan menggunakan katrol, karena sempat dievakuasi menggunakan mobil pikap tapi gagal.

"Untuk jenis pipa yang rusak adalah jenis PVC, pecahnya itu berukuran 12 dim atau 300 mili. Dan saat ini dalam penanganan dengan mengganti pipa baru ukuran panjang 6 meter jenis HDPE," jelasnya.

Baca Juga: Kadinkes Kabupaten Malang Tiba-tiba Dicopot, Ada Apa?

2. PDAM Kota Malang mengatakan setidaknya 7 ribu rumah terdampak

Pipa PDAM Jebol, Ribuan Rumah di Kota Malang Kesulitan Air BersihPerbaikan PDAM Bocor di Jalan Ranugrati Kota Malang. (DOK. Dishub Kota Malang)

Dalmuji mengatakan jika akibat kejadian ini membuat 5 ribu sampai 7 ribu rumah terdampak. Rumah-rumah yang terdampak diantaranya di wilayah Kedungkandang, Sawojajar, Polehan, hingga Muharto.

Hingga saat ini, petugas dari PDAM Kota Malang masih berusaha melakukan perbaikan. Ia menjanjikan perbaikan benar-benar selesai sebelum malam hari.

"Insyaallah selesai semua hari ini dan air normal lagi. Ya mudah mudahan bisa selesai secepatnya," ujarnya.

Tidak hanya melakukan perbaikan pada pipa, PDAM Kota Malang juga mengganti valve pipa dengan yang baru. Api penggantian valve ini ini harus mematikan pompa dari sumber air Wendit, ini untuk mengurangi tekanan air.

3. PDAM Kota Malang juga memasok air ke warga melalui mobil tangki

Pipa PDAM Jebol, Ribuan Rumah di Kota Malang Kesulitan Air BersihMobil tangki pasokan air akibat kebocoran pipa PDAM di Jalan Ranugrati Kota Malang. (DOK. Dishub Kota Malang)

Untuk memberikan pasokan air darurat untuk warga Kota Malang, PDAM Kota Malang juga menerjunkan 4 kendaraan tangki air. Tangki-tangki air ini mendatangi sejumlah wilayah yang terdampak kebocoran pipa air ini.

"Pasokan air dari tadi pagi sudah siap, ke rumah-rumah pelanggan. Sebanyak 4 mobil tangki yang pengambilan air dari kantor pusat Sawojajar dan hydrant umum," tandasnya.

Dalmuji mengatakan warga telah menghubungi pihaknya untuk pasokan air dari kendaraan tangki ini. Mereka kemudian mengirimkan koordinat rumahnya agar kendaraan tangki langsung berangkat.

Baca Juga: Kadinkes Kabupaten Malang Curhat Setelah Dicopot Bupati Malang

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya