Petahana Kabupaten Malang Ditantang Gunawan-Umar

Sanusi gak jadi lawan kotak kosong

Malang, IDN Times - Peluang calon tunggal di Kabupaten Malang akhirnya terpatahkan. Setelah berbulan-bulan tidak muncul calon rival pasangan Muhammad Sanusi dan Lathifah Shohib di Pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati (Pilbub) Malang 2024, kini muncul nama pasangan Gunawan Wibisono dan dr Umar Usman.

1. Pasangan Gunawan-Umar langsung mendapatkan dukungan dari 4 partai

Petahana Kabupaten Malang Ditantang Gunawan-UmarSurat rekomendasi dari Demokrat untuk Gunawan-Umar. (Instagram/@abahgun_official)

Hanya dalam waktu kurang dari seminggu sebelum dibukanya pendaftaran Pilbub Malang 2024, pasangan Gunawan-Usman sudah mengantongi surat rekomendasi dari 4 partai. Keempat partai tersebut adalah Partai Demokrat, Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Hanura.

Partai Demokrat jadi partai pertama yang memberikan surat rekomendasi kepada Gunawan-Umar. Surat rekomendasi ini diserahkan pada Minggu (25/8/2024) malam di Jakarta.

"Sirat rekomendasi ini diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. Kita sepakat akan mendukung pasangan Gunawan-Umar," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (27/8/2024).

Di saat yang bersamaan, Partai Hanura juga memberikan surat rekomendasi kepada pasangan Gunawan-Umar. Baik PKS dan Demokrat, keduanya sama-sama mengantongi 1 kursi di DPRD Kabupaten Malang. 

Baca Juga: Bupati Malang Berpeluang Jadi Calon Tunggal di Pilkada 2024

2. PKS kompak dukung Gunawan-Umar

Petahana Kabupaten Malang Ditantang Gunawan-UmarSurat rekomendasi dari PKS untuk Gunawan-Umar. (IDN Times/istimewa)

Setelah Demokrat dan Hanura lebih dulu memberikan surat rekomendasi kepada pasangan Gunawan-Umar, PKS juga ikut bergabung dengan poros baru ini. PKS juga memberikan surat rekomendasi pada Minggu (25/8/2024) yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi kepada Umar Usman secara langsung di Jakarta.

"Saya serahkan B1.KWK, semoga bisa bermanfaat dalam perjuangan di Kabupaten Malang. Salam sehat dan salan bahagia, menang untuk Kabupaten Malang," ucap Aboe Bakar Bakar Al-Habsyi dalam video yang beredar.

Diketahui jika PKS memiliki 2 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Dukungan untuk Gunawan-Umar terus mengalir di poros baru.

3. Golkar ikut bergabung dengan poros baru Gunawan-Umar di Kabupaten Malang

Petahana Kabupaten Malang Ditantang Gunawan-UmarSurat rekomendasi dari Golkar untuk Gunawan-Umar. (Instagram/@abahgun_official)

Usai mendapatkan dukungan dari Demokrat, Hanura, dan PKS, secara mendadak Partai Golkar juga ikut bergabung ke dalam poros baru di Kabupaten Malang ini. Ini jadi tambahkan kekuatan yang signifikan karena Golkar memiliki 8 kursi di DPRD Kabupaten Malang.

Surat rekomendasi dari Golkar kepada pasangan Gunawan-Umar turun pada Senin (26/8/2024) malam. Surat rekomendasi ini diserahkan langsung kepada Umar oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar di Surabaya.

"Benar, kemarin malam surat rekom turun kepada kepada Abah Gun dan dr Umar. Rekom ini awalnya diberikan DPD kepada pusat agar digodok, baru kemudian muncul surat rekom," ucap Ketua DPD II Golkar Kabupaten Malang, Siadi.

Baca Juga: Bukan dari Partainya, Sanusi-Lathifah Kantongi Surat Rekomendasi PKB

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya