Perjalanan Dinas DPRD Kota Malang ke Eropa Digunjing Warga

Masyarakat pertanyakan urgensi perjalanan dinas ini

Malang, IDN Times - Masyarakat Kota Malang tengah diramaikan dengan rencana perjalanan dinas para anggota DPRD Kota Malang ke Eropa. Yang jadi pergunjingan bukan hanya lokasi perjalanan dinas ini, tapi juga biaya perjalanan yang mencapai Rp9 miliar.

Rencana perjalanan dinas ini langsung menjadi viral di media sosial. Masyarakat mempertanyakan urgensi perjalanan dinas tersebut untuk kemajuan Kota Malang.

1. Perjalanan dinas ini sudah direncanakan sejak sebelum COVID-19

Perjalanan Dinas DPRD Kota Malang ke Eropa Digunjing WargaKetua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono mengungkap jika rencana perjalanan dinas ini sudah direncanakan sejak sebelum Pandemik COVID-19, tapi terus mundur lantaran kondisi global yang tidak memungkinkan akibat pandemik. Sehingga rencana perjalanan dinas ini dianggarkan pada 2024 dan haris dilaksanakan sebelum masa bakti mereka berakhir.

Alokasi anggaran PDLN (Perjalanan Dinas Luar Negeri) sebesar Rp9 miliar juga telah tertuang dalam Peraturan Wali Kota Malang Nomor 49/2023 tentang Penjabaran APBD Tahun Anggaran 2024. Jadi ia menegaskan jika PDLN ini sudah sesuai prosedur.

"PDLN ini seharusnya diadakan di pertengahan atau awal periode, tapi terhalang karena ada pandemi, sehingga baru teranggarkan saat ini. Sementara perencanaannya mau ke mana belum dibicarakan," terangnya saat dikonfirmasi pada Sabtu (23/3/2024).

Baca Juga: Perampokan Tewaskan Lansia di Malang, Ada Dua Pelaku

2. Ketua Komisi B DPRD Kota Malang menegaskan jika PDLN adalah hak wakil rakyat

Perjalanan Dinas DPRD Kota Malang ke Eropa Digunjing WargaKetua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Trio menjelaskan jika PDLN ini adalah hak wakil rakyat yang telah tertuang dalam Kemendagri RI. Tapi ia mengatakan PDLN ini belum dipastikan benar-benar akan dilaksanakan tahun ini atau tidak. Rencana ini masih perlu dibahas kembali bersama fraksi-fraksi lain pada akhir Maret 2023.

"Jadi semua anggota dewan punya hak yang sama, rencana kerja kami dalam 1 periode ini diharapkan memang ada 1 kali (PDLN). Karena kami pun belum pernah melakukan kunjungan itu sebelumnya," jelas politikus PKS ini.

3. DPRD Kota Malang awalnya merencanakan PDLN dilaksanakan pada Juli 2024

Perjalanan Dinas DPRD Kota Malang ke Eropa Digunjing WargaKetua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Trio mengungkapkan jika awalnya PDLN akan dilaksanakan pada Juli 2024 dengan berangkat ke Eropa. Ia menjelaskan jika Eropa dipilih karena para anggota dewan ingin belajar pengetahuan di sana sesuai bidangnya masing-masing.

Ia mencontohkan Komisi B DPRD Kota Malang direncanakan untuk mempelajari UMKM dan keuangan di sana. Hasil studi banding ini diharapkan bisa diaplikasikan di Kota Malang.

"Tapi itu kan masih wacana, artinya mana lokusnya kami juga belum tau yang pasti di mana. Kalau kunjungan dalam negeri kan sudah biasa, kalau ke luar negeri kami belum pernah," tandasnya.

Ia juga mengatakan perlu melakukan pendataan lagi terkait siapa saja anggota dewan yang akan berangkat. Karena ada beberapa anggota dewan yang menyatakan tidak ingin ikut PDLN ini.

Baca Juga: Olah TKP Perampokan di Malang, Ini Hasil Sementara

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya