Pengacara Wahyu Kenzo Menilai Putusan Hakim Tidak Adil

Terdakwa menyatakan pikir-pikir pada vonis hakim

Malang, IDN Times - Majelis hakim dari Pengadilan Negeri (PN) Kota Malang akhirnya memberikan vonis pada tiga terdakwa kasus investasi bodong Robot Trading Auto Trade Gold (ATG). Diketahui jika Raymond Enovan dijatuhi hukuman penjara selama 4 tahun 6 bulan dan denda Rp1 miliar subsider kurungan 3 bulan, Candra Bayu Mahardika alias Bayu Walker dihukum dengan pidana penjara 8 tahun dan denda Rp6 miliar subsider kurungan selama 3 bulan, dan Dinar Wahyu Saptian Dyfrig alias Wahyu Kenzo dihukum penjara selama 10 tahun dan denda sebesar Rp10 miliar subsider kurungan selama 3 bulan.

1. Pengacara Wahyu Kenzo menilai hukuman ini tidak adil

Pengacara Wahyu Kenzo Menilai Putusan Hakim Tidak AdilSuasana sidang terdakwa kasus investasi bodong Robot Trading ATG di PN Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kuasa hukum Wahyu Kenzo dan Bayu Walker, Albert Evans Hasibuan merasa tidak puas dengan putusan majelis hakim. Ia menilai jika hukuman pada kedua kliennya terlalu berat. Ia bahkan menilai jika hukuman ini tidak adil.

"Kalu kita lihat hasil putusan ini tidak mencerminkan keadilan, karena pasal 106 ini lebih ke admistratif. Jadi upaya kami sementara adalah pikir-pikir untuk tahapan selanjutnya setelah putusan ini," terangnya saat dikonfirmasi usai sidang pada Jumat (19/1/2024).

Ketiga terdakwa sendiri memang mendapatkan vonis dari pasal yang hampir mirip. Wahyu Kenzo dan Bayu Walker dijerat dengan pasal Pasal 106 Undang-Undang RI Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan Pasal 3 juncto Pasal 10 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Sementara Raymond Enovan dijerat dengan Pasal 106 UU RI Nomor 7 Tahun 2014 Tentang Perdagangan juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP dan Pasal 5 ayat 1 juncto Pasal 10 UU RI Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Baca Juga: Kasus Robot Trading, Wahyu Kenzo Divonis 10 Tahun Penjara

2. Pengacara Wahyu Kenzo menolak jika kliennya disebut melakukan pencucian uang

Pengacara Wahyu Kenzo Menilai Putusan Hakim Tidak AdilSuasana sidang terdakwa kasus investasi bodong Robot Trading ATG di PN Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Albert juga mengaku tidak setuju jika kliennya disebut melakukan pencucian uang. Ia menolak mati-matian tudingan tersebut sejak persidangan perdana pada 7 Oktober 2023. Jadi, ia sangat kecewa jika kliennya masih tersandung pasal pencucian uang setelah vonis hakim.

"Kemarin di fakta persidangan susah kami bantah terkait pencucian uang. Di pleidoi kami juga memberikan pandangan hukum terhadap pasal yang diterapkan tersebut," ucapnya.

Sementara terkait perintah hakim untuk menyita aset Wahyu Kenzo untuk dibagikan pada para korban. Albert tidak mau berkomentar banyak, menurutnya itu adalah keputusan hakim dan pihaknya tentu akan melakukan beberapa langkah hukum.

3. Pengacara Wahyu kenzo cenderung akan melakukan banding pada vonis hari ini

Pengacara Wahyu Kenzo Menilai Putusan Hakim Tidak AdilSuasana sidang terdakwa kasus investasi bodong Robot Trading ATG di PN Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Wahyu Kenzo dan kuasa hukumnya menyatakan pikir-pikir setelah sidang yang digelar sejak pukul 09.00 WIB ini. Namun, Albert cenderung mengarah akan melakukan banding. Tapi ia belum bisa memastikan apakah Wahyu Kenzo akan menerima usulan tersebut.

"Tadi dari terdakwa masih pikir-pikir, nanti kami akan diskusikan lagi. Apakah nanti kami menerima atau melakukan upaya hukum lain. Kepastiannya nanti tunggu 7 hari," pungkasnya.

Baca Juga: Wahyu Kenzo Jalani Sidang Perdana Penipuan Robot Trading

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya