Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Malang Sepi

Pelaksanaan PSU saat hari kerja

Malang, IDN Times - Sebanyak 5 TPS di Kabupaten Malang melaksanakan pemungutan suara ulang hari ini (23/2/2024). Kelimanya ada di TPS 2, TPS 4, TPS 16 Desa Senggreng, kemudian TPS 3 Desa Bendosari dan TPS 4 Desa Sekarpuro.

Jurnalis IDN Times memantau jalannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 2 Desa Senggreng. Terpantau antusiasme masyarakat cukup rendah, terlihat tidak banyak masyarakat yang datang untuk menggunakan hak suaranya lagi.

1. KPU Kabupaten Malang melihat jalannya PSU lancar-lancar saja

Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Malang SepiKomisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Komisioner KPU Kabupaten Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika mengatakan jika jalannya PSU di beberapa TPS di Kabupaten Malang berjalan lancar. Ia memastikan tidak akan ada lagi penyusup yang akan memilih di kelima TPS hari ini.

"Saya memantau di TPS 2 Desa Senggreng, tapi sejauh ini tidak ada masalah. Kita bisa lihat (antusiasme pemilih) nanti saat susah penghitungan. Tali sejauh ini di TPS 2 ini sudah sekitar 140 orang yang memilih," terangnya.

Ia juga memastikan jika logistik untuk PSU hari ini aman. Ia mengatakan jika jumlah surat suara sudah dipersiapkan sejak awal cadangannya. Misalnya cadangan surat suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) sudah dipersiapkan 1.000 surat surat cadangan.

Baca Juga: 5 TPS di Kabupaten Malang Harus Laksanakan Pemungutan Suara Ulang

2. Kronologi bisa terjadi pemilih bukan DPT masuk ke TPS 2 Desa Senggreng

Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Malang SepiPelaksanaan PSU di TPS 2 Desa Senggreng. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dika mengungkapkan jika kejadian masukkan pemilih bukan DPT ke TPS 2 Desa Senggreng terhadap saat ada pemilih dari luar kota yang hanya membawa KTP dan belum mengurus pindah pemilih, kemudian dilayani dan diberikan surat suara oleh petugas KPPS. 

"Kita mengetahui ini ketika ada rekapitulasi di tingkat kecamatan. Ada saran dari Bawaslu kemudian kita temukan memang saat rekapitulasi. Sehingga kita tidak lanjuti dengan melakukan PSU tanggal 23 Februari 2024," bebernya.

Selama 2 hari KPU Kabupaten Malang melakukan persiapan untuk PSU hari ini, mulai dari logistik dan petugas KPPS sudah membagikan surat pemberitahuan. Sehingga hari ini didapatkan proses pemungutan suara ulang.

3. Penyebab pemilih bukan DPT bisa memilih di TPS 2 Desa Senggreng, diduga petugas kelelahan

Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Malang SepiPelaksanaan PSU di TPS 2 Desa Senggreng. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dika mengatakan jika penyebab petugas KPPS di TPS 02 Desa Senggreng bisa kecolongan diduga karena kelelahan. Sehingga mereka tidak konsentrasi saat memberikan surat suara. Tapi Dika menegaskan tidak ingin menyalahkan para petugas KPPS.

Kesalahan yang sama juga terjadi pada 4 TPS yang lain di Kabupaten Malang. Mereka juga melaksanakan PSU hari ini juga. PSU ini sendiri dilaksanakan mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 13.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara.

"Kesalahannya sama, misalnya ada orang KTP Bekasi terus datang ke sini kemudian diberikan surat suara PPWP. Padahal kalau tidak memiliki surat pindah suara kan tidak bisa. Paling banyak itu di Sekarpuro ada 6 orang. Kalau di sini (TPS 2 Desa Senggreng) hanya 2 orang," pungkasnya.

Baca Juga: 6 Calon TKW Kabur dari Kantor PJTKI Malang dengan Lompat dari Lantai 4

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya